Kamis,10 Sept 2015 14:13 WIB

Penulis: pewete pewete

Bersihkan Solenoid VANOS BMW E90 320i, 30 Menit!

Foto: Hardy

Bersihkan Solenoid VANOS BMW E90 320i, 30 Menit!

Jakarta - Memang tidak ada aturan baku yang mengharuskan membersihkan solenoid VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung) setiap berapa KM. Namun tidak ada salahnya hal ini dilakukan setiap 30.000 atau 35.000 KM. Tentu ada alasannya, namanya mekanisme VANOS, tentu sangat berhubungan dengan oli.

Jika tersumbat karena kerak-kerak oli, kemungkinan mekanisme VANOS tidak bekerja. "Apalagi jika menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi yang direkomendasi pabrikan, atau bahkan sering telat mengganti oli yang akan membuat tumpukan kerak semakin banyak," terang Edi, pemilik bengkel Service Station, spesialis BMW di bilangan Jembatan Lima, Jakpus.

Jangan takut soal biaya dan waktu. Jika ingin do it yourself juga bisa kok. Estimasi waktu yang diperlukan sekitar 20 hingga 30 menit. Terpenting sudah menyiapkan tools yang diperlukan secara lengkap. Siapkan 1 kaleng carburetor cleaner, kunci L bintang 4 mm, kunci ring 10 mm, obeng minus dan kain lap. Nah ikuti panduan OTOMOTIF berikut ini ya. • (otomotifnet.com)



1. Mengakses ke solenoid VANOS perlu melepas radiator support. Caranya tidak sulit, hanya ada 3 baut bintang. Gunakan kunci L bintang 4 mm, tinggal putar ke arah kiri seperti mengendurkan baut biasa. Kalau 3 baut sudah lepas, tinggal mengangkat cover atau radiator support.




2. Pakai kunci ring 10 mm untuk melepas bracket solenoid VANOS. Prosedurnya sama saja kok, tinggal putar berlawanan arah jarum jam. Ada 2 bracket solenoid dengan 1 posisi atas dan 1 lagi posisi bawah.




3. Buka klip pengunci soket solenoid VANOS. Tarik menggunakan obeng minus perlahan-lahan. Tidak perlu sampai lepas klipnya, cukup sampai terangkat sedikit saja.Tarik soket solenoid VANOS hingga terlepas. Tarik keluar solenoid Vanos, lakukan 1 per satu saja agar tidak bingung. Solenoid atas untuk camshaft intake dan solenoid bawah untuk camshaft exhaust.




4. Pastikan O-ring solenoid VANOS tidak menempel di solenoid. Biasanya masih tertinggal di lubang solenoid kepala silinder. Bersihkan dengan menggunakan carburetor cleaner. Pastikan sudah benar-benar bersih dan kering sebelum dipasang kembali.




5. Masukan O-ring hingga ke ujung solenoid dekat soket. "Oleskan sedikit oli mesin di O-ring tersebut sehingga memudahkan saat memasukan ke dalam lubang solenoid VANOS di kepala silinder," tambah pria bertubuh tinggi ini. Hal ini juga memperkecil resiko O-ring rusak atau sobek dalam proses memasang kembali.

EDITOR

Otomotifnet

Top