Jumat,14 Agust 2015 13:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Biaya Bikin Rally Style Bisa Sampai Rp 30 Juta

Foto: OCTA

Biaya Bikin Rally Style Bisa Sampai Rp 30 Juta

Jakarta - Beberapa edisi sudah dibahas soal modifikasi bergaya rally yang enggak pernah ada matinya. Bahan untuk modifikasinya juga mulai beragam. “Semua tergantung dari pemilik, ada yang pakai model baru seperti Honda Jazz ada juga yang model lawas,” kata Eryanto Subaktiawan (Tanto) dari Bintang Automotive di Pondok Pinang, Jaksel.

Untuk yang model lawas, biasanya yang dipakai model sedan. “Toyota Corola DX yang banyak diincar untuk dijadikan bahan modifikasi gaya rally,” terang Isa Surya Nurmuhammad, owner KZero Tuning di Tanah Kusir, Jaksel. Beda bahan, tapi part yang terpasang untuk bisa bergaya reli enggak jauh berbeda.

Tertarik untuk ubah tampilan jadi rally  style? Siapkan bujet yang bisa sampai Rp 30 juta atau kalau mau lebih murah kalau mau ubahan yang serius, beberapa part pakai  barang seken.
• (otomotifnet.com)




Bonnet Pin


Kap mesin dan bagasi, tempat dipasangnya perangkat ini. Ada yang benar-benar dipasang dan ada yang hanya tempelan saja. Pasang part ini, butuh dana sekitar Rp 800 ribu



Aksesori


Ada beberapa part, di antaranya shift knob, pedal set dan tatakan kaki. Total biaya yang dibutuhkan untuk pasang aksesori tersebut sekitar Rp 2 juta



Knalpot


Masa iya, udah bergaya reli suara yang keluar dari knalpot senyap. Untuk tebus knalpot yang sesuai kebutuhan, dananya Rp 3 jutaan.



Jok dan Safety Belt


Untuk harian, jok rally style yang banyak diburu adalah Recaro jaring dengan harga bisa sampai Rp 7 jutaan. Pilihan lainnya  adalah jok model semi bucket yang butuh dana Rp 5 jutaan. Makin pas bergaya rally dengan pasang sabuk pengaman 3 inci yang banderolnya Rp 1,2 juta.



Avco


Part ini juga bisa disebut kepet sisi depan. Enggak ada yang jual, jadi kalau mau pasang Avco berarti kudu custom. Bahan dari karet dan siapkan dana Rp 600 ribu. Sama dengan mud guard, bisa pakai bahan karet yang lebih tipis dan tentunya enggak makan budget banyak.



Mud Flap


Pelindung dari cipratan air atau lumpur ini, tersedia yang barang orisinal. Soal harga pastinya bisa selangit, contohnya yang berlabel Sparco bisa sampai Rp 3 juta/4 lembar. Pilihan lainnya juga ada mud flap berhan karet yang banderolnya Rp 300 ribu/4 lembar. Dengan bahan karet yang lebih murah, biaya bisa ditekan lebih rendah lagi.



Setir


Penggemar rally biasa menyebutnya setir celong dan ada beberapa merek yang direkomendasikan (OMP dan Sparco). Kalau tebus baru Rp 4 juta, tapi kalau mau yang seken hanya Rp 2 juta



Lampu Sorot


Rally style indentik dengan pemasangan lampu sorot di depan kap mesin. Mau reli zaman dahulu maupun era modern, tetap harus ada lampu sorot. Untuk yang ingin bergaya reli, lampu sorot model klasik yang banyak diburu dan makin lawas semakin bagus. Soal harga, hasil cek and riceknya bisa Rp 3 jutaan.



Pelek dan Ban


Tergantung jenis kendaraan dan rata-rata untuk rally tanah pakai pelek 14 inci, tapi juga ada yang pakai ring 15 inci. Kalau mau aliran reli yang main di aspal, bisa pasang pelek ukuran 18 inci. Dana yang harus disiapkan untuk pelek dan ban, mulai dari Rp 8 juta.

EDITOR

Otomotifnet

Top