Kamis,15 Okt 2015 11:05 WIB

Penulis: pewete pewete

Bikin DRL Sequence KIA Sportage

Foto: SANO

Bikin DRL Sequence KIA Sportage



Jakarta
- Ingat dong Kia Sportage generasi ketiga menjadi salah satu SUV massal yang mengaplikasikan DRL (Daytime Running Light) awalnya di Indonesia. LED putih menyala terang dan terlihat di siang hari yang terintergrasi di batok lampu utamanya, membuat desain khas Peter Schreyer itu makin mencolok di jalan.

Nah, ada tips dari komunitas ID-Sportage yang bisa bikin lebih mencolok lagi nih. "Dibuat seperti punya Audi DRL-nya. Kalau lampu sein dinyalakan, nanti LED-nya jadi warna oranye berderetan," jelas Rockford Pojono, salah seorang anggota ID-Sportage. Yang dimaksud adalah seperti Matrix DRL atau sequential turning signal.

Anda pemilik SUV Korea ini dan ingin mengadopsinya juga? Mudah kok, cukup siapkan kocek Rp 1,9 juta dan bawa besutan kesayangan ke Avant Garde Autostyle, Serpong. Yuk, simak apa saja yang diperlukan.• (otomotifnet.com)

Rockford: 0856-9532 1666 Avant Garde Autostyle: 021-547 6800



01. Aplikasi DRL jenis sequence ini tentu membutuhkan ‘operasi mata'. Pertama, buka beberapa baut yang menempelkan batok lampu ke bodi Sportage menggunakan obeng plus. Kemudian sealant lampu dibuka menggunakan heat gun secara hati-hati, ini bagian tersulit yang membuatnya perlu dikerjakan profesional."Head lamp-nya ada 2 lapisan, yang bagian luar menghadap ke depan, harus dilepas dengan mengendurkan baut sehingga cover dalam terbuka," tambah Rockford.



02. Di balik cover dalam, terdapat modul DRL bawaan yang dapat dilepas menggunakan obeng, kemudian konektor ke PCB bawaan di bawah lampu dicabut.
Di langkah ini, bisa sekalian memberi personalisasi batok lampu, misalnya memberi warna custom pada lingkar proyektor.



03. DRL baru yang sudah termasuk modul sequence, dipotong sesuai panjang dudukan pada lampu Sportage. Rekatkan dengan bantuan lem tembak dan double tape 3M secara presisi dan pas, sehingga terlihat seperti bawaannya.



04. Langkah terakhir, rapikan kabel dan memasang kembali semua baut cover dalam. Pasang kembali sealant menggunakan heat gun dan biarkan mengering selama 15-30 menit hingga siap dipasang kembali.Voila! Sportage kesayangan pun kembali terlihat mencolok di jalan ketika menyalakan lampu sein.



EDITOR

Otomotifnet

Top