Senin,25 April 2016 16:30 WIB

Penulis: Otomotifnet

BMW Independent Klaten, Cara Bikin Bodi Mobil Berkarat

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    langkah 01.

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Langkah 02.

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Langkah 03.

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    langkah 04.

Solo - Rona karat parah pada bodi biasanya dijauhi. Ya macam virus penyakit, yang mestinya dihindari atau bila perlu dihilangkan dengan mengganti pelat baru. Namun bagi komunitas BMW Independent Klaten (BIK), karat begitu malah sengaja dihadirkan. Bahkan seolah menjadi tren atau ciri khusus bagi komunitas yang terbentuk pada 1 April 2015 lalu di Klaten.

Lantas apa sih alasannya? “Ini sedan Eropa loh, kesan enggak eman-eman (sayang,red) dan nekat biar terumbar. Enggak perlu semua bagian bodi. Berdasar selera saja. Pembuktian juga bahwa bodi Bimmer enggak gampang bolong walau sudah kena karat,” alasan Andi Prananto.

Sedikit menengok ke belakang, biang kerok hadirnya virus rusty pada BIK adalah Andi Prananto, yang ngetop dipanggil Gentong. Dia dan rekannya ngaku terinspirasi tren yang ngetop di Amerika, yakni Patina style.

Sebuah genre atau gaya modifikasi mobil-mobil hot rod Amerika yang nonjolin sisi rusok pada bodinya. Kesannya kumuh, apa adanya. Tapi di situlah seni modifikasinya terumbar. • (otomotifnet.com)

 

Berikut proses pembuatannya:
01. Proses membuat karatnya bisa menggunakan api las atau juga bisa menggunakan remover (penghancur lapisan cat).Tujuannya cat terkelupas bersih, sampai tinggal pelat besinya saja. Kalau proses kerok bodi itu sudah beres, tinggal menyiram bagian bodi yang sudah bersih tadi dengan air accu zuur, bisa dilanjut air garam. Kedua air inilah yang bertugas menghadirkan sosok karat.

02. “Misalnya yang diolah kap mesin nih. Saya pakai 2 liter air accu zuur disiram di situ. Habis itu siram juga pakai air yang sudah diberi garam. Takarannya secukupnya, sekitar 1 ember. Setelah itu didiamkan saja. Tujuannya karatnya cepat nongol, paling sekitar semingguan,” yakin Gentong yang bertubuh subur, diamini rekannya di BIK

03.Kalau ingin bikin tekstur, bisa juga menutupi terlebih dahulu bagian bodi dengan stiker. Baru setelah itu menyiram accu zuur. Nantinya, bagian yang tertutup stiker akan timbul garis-garis atau bisa biin motif sesuai selera.

04. Hasilnya, walau enggak semua, terlihat beberapa unit BMW dari komunitas BIK. Di antaranya, karat di fender kiri pada BMW 318i E30 milik Aditya Ibnu. Lalu BMW berkelir silver, yaitu 318 E36 milik Andi Prananto. Malah terlihat tak hanya pada fender kiri. Karat tampak menutup kap bagasi belakangnya. Ada lagi BMW 520 E28 milik Ugik yang sengaja mengkaratkan bumper depan.

EDITOR

Otomotifnet

Top