Senin,23 Nov 2015 15:00 WIB

Penulis: parwata

Brio Project Indonesia pasang audio steering switch mobilio rs

Brio Project Indonesia, Pasang Audio Steering Switch Mobilio RS

  • Foto: KIPLI/otomotifnet

    langkah 1.

  • Foto: KIPLI/otomotifnet

    Langkah 2.

  • Foto: KIPLI/otomotifnet

    langkah 3.

  • Foto: KIPLI/otomotifnet

    Langkah 4.

  • Foto: KIPLI/otomotifnet

    Langkah 5.

Jakarta - Lingkar kemudi Honda Brio yang polos, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengatur beberapa fitur head unit layaknya mobil premium yang sudah memiliki adjustment button atau biasa dikenal audio steering switch.

Hal tersebut telah dibuktikan pada mobil milik Arief Ramadhany dari komunitas Brio Project Indonesia (BPI). Fungsinya mempermudah pengoperasian sistem audio khususnya pada sistem head unit Brio Satya tahun 2014-nya.

“Dasarnya memang saya senang eksperimen, kebetulan saya ingat konstruksi cover setir Brio & Mobilio RS itu sama, jadi saya pakai aja adjustment button-nya sekalian biar kelihatan beda dari mobil lainnya namun fungsional,“ tutur pria lajang 24 tahun ini yang sudah mengaplikasikannya.

Untuk pemasangan, pria penyuka mie ayam ini minta bantuan toko Kirana Motor di pasar onderdil ITC Fatmawati, Jaksel. Dengan menghabiskan sekitar Rp 2,2 juta untuk menebus spiral atau fleksibel setir seharga Rp 500 ribu, modul tape universal seharga Rp

500 ribu, dan adjustment button Mobilio RS Rp 1,2 juta. “Yang copotan (seken) hanya adjustment button-nya aja, sisanya baru,” imbuhnya. Penasaran cara pasangnya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut. • (otomotifnet.com)
Kirana Motor : 081210744459

Berikut langkah pengerjaannya:


1. Pertama-tama buka airbag di bagian setir bersama soket sensornya menggunakan kunci bintang/ kunci L, kemudian buka setir menggunakan kunci ring 19 inci.
2. Buka soket spiral atau fleksibel setir milik Brio dan ganti menggunakan spiral milik Mobilio RS. “Alasan mengganti spiral karena standar Brio tidak kompatibel dengan modul universal yang nantinya digunakan untuk mengirim sinyal pada adjustment button Mobilio RS menuju head unit” jelas Arief.
3. Pasang modul universal pada soket spiral dan hubungkan bagian output pada soket di belakang head unit.
4. Voila! adjustment button sudah dapat difungsikan untuk mengatur volume, frekuensi AM/FM, CD, USB, track, radio, mematikan dan menyalakan head unit
5. Perangkat  audio steering switch

EDITOR

Otomotifnet

Top