Rabu,16 Sept 2015 09:07 WIB

Penulis: pewete pewete

Buka Bagasi Honda Brio dari Jauh

Foto: CHRISTO

Buka Bagasi Honda Brio dari Jauh



Jakarta
- Bagi pengguna Honda Brio, komunitas Honda Brio Community (HBC) regional Bogor punya tips menarik nih. Modifikasi yang dilakukan adalah memasang modul remote, solenoid dan pegas tambahan pada pintu bagasi.

Tujuannya, supaya kini membuka bagasi belakang enggak perlu pakai kunci atau menarik tuas di dekat jok pengemudi. Hanya dengan menekan tombol unlock pada kunci bawaan sebanyak dua kali, pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

"Proses pemasangannya enggak terlalu sulit, namun butuh konsentrasi saat membongkar panel interior dan saat menyambung kabel," ujar Bina Pratomo. Komponen yang dibutuhkan enggak banyak, yakni: modul remote, solenoid switch, dua kabel sepanjang 3 meter (merah & kuning), kawat penarik dan per berukuran sedang.

Seperangkat komponen tersebut dijual seharga Rp 350 ribu. "Bagi yang ingin mencoba pasang sendiri, diharap berhati-hati saat memasang kabel modul remote, karena bisa terjadi korslet," pesan anggota HBC regional Bogor dengan nomor urut 14. Yuk simak lebih lanjut cara pemasangannya. • (otomotifnet.com)

www.hbcbogor.org



1. Masukkan solenoid ke dalam ruang rumah kunci bagasi melalui lubang rumah kunci bagasi, bagian yang besar solenoid mengarah ke kanan (arah modul berada). Ikat ujung putih solenoid dengan tuas penarik kunci bagasi menggunakan cabel ties yang telah disediakan.

Letakkan per yang sudah tersedia dalam paket pada bagian atas pintu bagasi (tengah). Per tersebut gunanya untuk melontarkan pintu bagasi, pada saat solenoid melepaskan kunci bagasi yang diperintahkan oleh modul remote melalui kawat.



2. Lepas trim pilar bagian kanan (samping kursi supir). Setelah terbuka terlihat condoit (selongsong pelindung kabel berwarna hitam). Setelah itu menggunakan cutter, sobek bagian condoit secara perlahan dan cari kabel berwarna kuning.

Bila sudah menemukan kabel berwarna kuning, sobek sedikit kabelnya lalu sambung dengan kabel kuning tambahan yang berukuran 3 meter, lalu tarik kabel ke arah belakang.



3. Kupas ujung kabel warna kuning (kabel pararel trigger) yg berasal dari samping kursi supir dan hubungkan dengan kabel warna kuning pada modul dan jangan lupa untuk diisolasi.

Jika kawat sudah keluar, tarik hingga kabel warna hijau dan kabel warna biru keluar dari lubang rumah kunci bagasi. Hubungkan kabel hijau dan biru dari modul dengan kabel hijau dan biru dari solenoid.



4.Kemudian lepas trim bagian belakang kanan kursi penumpang. Kupas ujung kabel warna merah yg berasal dari lampu kabin dan hubungkan dengan kabel yang ada sekering (fuse) pada modul, kemudian isolasikan.



5. Untuk mengaktifkan modul remote, dibutuhkan sumber power yang stabil, yakni melalui lampu kabin. Bongkar lampu kabin, lalu sambungkan kabel tambahan berwarna merah sepanjang 3 meter, lalu tarik kabel ke arah bagasi. Kaitkan besi pengait terhadap kabel berwarna merah untuk membantu menarik kabel ke arah belakang, lalu selipkan.


EDITOR

Otomotifnet

Top