Jumat,7 Agust 2015 09:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Cabut Belalai Hyundai Grand Avega, Tarikan Lebih Enteng!

Foto: SANO

Cabut Belalai Hyundai Grand Avega, Tarikan Lebih Enteng!

Jakarta - Pemilik Hyundai Grand Avega pasti sering merasakan akselerasinya yang agak lemot alias enggak narik. Sudah banyak member dari Gravity (Grand Avega Community) yang berusaha untuk mengakali karakter mesin tersebut. Paling hot  adalah melepas ‘belalai' yang merupakan jalur udara sebelum memasuki filter udara dan throttle body.

"Belalai atau resonator assy ini mungkin maksudnya untuk air surge atau penambah volume udara saat dibutuhkan akselerasi  spontan. Tetapi kalau dilepas, jalur udara jadi lebih singkat dan lebih dingin karena tidak berada dalam ruang tertutup dalam  waktu yang lama," jelas Adiyuni, salah seorang member Gravity Yogyakarta yang pertama kali menemukan metode ini.

Efeknya tentu akselerasi yang lebih ringan atau terasa lebih plong saat gas diinjak, dengan suara yang sedikit lebih gurih  seperti memakai filter udara open air. "Namun karena trap box dari belalai tersebut dilepas, filter udara jadi lebih cepat kotor. Penggantiannya jadi lebih cepat  dibanding normalnya," lanjut pria ramah tersebut.

Nah ternyata langkah-langkah melepas belalai ini tidak sulit kok, bisa dilakukan sendiri di rumah asal rela tangan sedikit  kotor. Yuk, cermati langkah-langkahnya: • (otomotifnet.com)



Posisi belalai ini sedikit ngumpet, ada di antara bumper depan dengan boks filter udara. Bila membuka kap mesin saja, hanya terlihat ujung dari belalainya, sehingga perlu dibuka beberapa bagian agar pelepasan mudah.



Pertama, boks filter udara harus dilepas terlebih dahulu. Buka klip penutupnya, keluarkan boks, lalu kendorkan baut-baut menyambungkan boks dengan throttle body. Kemudian ada 3 baut di sekitar boks yang perlu dilepas sebelum dapat diangkat.



Proses selanjutnya perlu mendongkrak bagian kiri depan, kemudian membelokkan setir ke kiri hingga mentok, lalu lepas plastik hitam pelindung fender dengan mengendurkan beberapa baut di sekitarnya.



Tabung udara di bawah dilepas dengan mengendurkan 4-5 baut pengikat ke bodi, lalu belalai dapat dilepas. Bagian yang tersambung dengan penghirup udara di dekat grille juga dapat dilepas, namun resikonya akan mudah kemasukan air.



Setelah selesai, jangan lupa sambungkan lagi slang penghubung throttle body ke boks filter udara, kemudian masukkan lagi filter ke tempatnya.

EDITOR

Otomotifnet

Top