Kamis,4 Agust 2016 08:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Charger Aki, Enggak Perlu Lagi Colok Aki Mobil Sebelah

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Dengan umur aki yang sudah tak lagi bisa ditebak, keberadaan kabel jumper pastinya membantu. Tapi lebih sederhana jika urusan ‘menghidupkan’ aki yang sekarat cukup pakai alat yang enggak butuh dicolok ke aki lain. Kayak disediakan CV Midia Tekindo (MIDIATEK) yang mendatangkan Noco Genius GB20.

Berupa alat jumper seharga Rp 2,1 juta ini. Jadi, saat aki ngedrop, enggak perlu buka kap mesin mobil sebelah untuk dicolok akinya pakai kabel jumper. Nah, untuk mengetahui kinerjanya, OTOMOTIF langsung mencoba setelah membaca buku petunjuk. Pertama koneksikan dulu kabel yang sudah tersedia dalam kemasan ke unit GB20 tersebut.

Selanjutnya, hubungkan kabel dengan terminal aki. Pertama hubungkan kabel negatif (hitam), setelah itu baru positif (merah). Jika sudah terkoneksi semua, hidupkan unit charger dengan menekan tombol yang ada.

“Proses charger akan terlihat berjalan jika lampu indikator charger (25, 50, 75 dan 100%) berkedip secara bergantian dan cepat,” sebut Idham Muhammad, Produk Manager MIDIATEK. Ini terlihat saat dicoba pada tiga mobil berbeda.

Seandainya aki tidak terlalu tekor, saat sudah dihubungkan antara GB20 dengan aki, tak butuh waktu lama untuk melakukan start. Namun, jika sudah tekor, butuh waktu membiarkan alat untuk mengisi aki sekitar 30 detik-1 menit. Setelah itu baru lakukan start. Setelah mesin menyala, segera lepaskan alat yang juga bisa berfungsi sebagai senter ini.

Untuk mengisi ulang GB20 ini cukup mudah. Tinggal colokkan kabel charger ke listrik. Jika lampu hijau di angka 100% sudah menyala artinya pengisian sudah penuh. O iya, alat ini juga bisa untuk charger gadget.  Langkah Pemakaiannya:

1.    Hubungkan kabel dengan terminal dengan baik
2.    Pastikan lampu indikator menyala berkedip dan bergantian sebagai tanda jumper aktif
3.    Pastikan hubungan kabel ke unit GB20 masuk sempurna
4.    Untuk mengisi ulang GB20, cukup pakai kabel USB

 

 

EDITOR

Bagja

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top