Jumat,12 Feb 2016 14:29 WIB

Penulis: Otomotifnet

Deaktivasi Airbag Penumpang All New Toyota Kijang Innova, Matikan Hanya Kalau Perlu

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Era dimana segalanya soal safety sekarang ini, sudah bukan luxury lagi untuk memiliki fitur dual airbags. Termasuk mobil basic seperti Suzuki Celerio, Honda Brio Satya E dan Grand New Toyota Avanza pun sudah dilengkapi perlengkapan keamanan ini. Terakhir, All New Kijang Innova pun sama, tapi ada yang unik nih.

Di bawah fascia tengah, ada satu indikator bertuliskan Passenger Air Bag’ dan lampu ‘ON’ menyala di atasnya. Dari artinya saja, jelas itu menunjukkan status kantung udara penumpang depan yang menyala alias dalam keadaan standby. Uniknya lagi, jika pintu kiri depan dibuka, akan terlihat seperti sebuah switch bertuliskan AIRBAG. Wah, bisa dimatikan ya?

“Iya switch itu untuk mendeaktivasi airbag penumpang depan, harus pakai kunci mobil kalau mau matikan,” terang Erwin Tubun Hermawan, Kepala Bengkel Auto2000 cabang Bintaro. Tapi untuk apa dimatikan ya? Lalu bagaimana caranya? Nah, baca terus yaa. • (otomotifnet.com)

 

1. Memang belum tertera di undang-undang Indonesia, namun di negara yang sudah lebih perhatian soal safety seperti Amerika Serikat, ada peraturan yang mengatur soal kapan airbag penumpang depan boleh dinon-aktifkan. NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) misalnya, hanya membolehkan air bag penumpang depan dideaktivasi saat seorang anak berumur 12 tahun ke bawah yang harus duduk di jok depan karena berkondisi butuh selalu dimonitor. Orang yang memiliki kondisi medis seperti ibu hamil juga bisa menjadi alasan untuk mematikan airbag penumpang.

2. Cara mematikannya pun mudah. “Kalau di All New Kijang Innova, harus dalam keadaan berhenti karena anak kuncinya dibutuhkan. Khusus varian Q, anak kunci perlu dikeluarkan dari smart key,” tambah Erwin.

3. Masukkan kunci ke dalam switch air bag di samping kiri dasbor yang akan terlihat saat pintu terbuka. Tekan terlebih dahulu, baru putar ke kiri, kemudian cabut kembali anak kuncinya. Di beberapa mobil lain yang terdapat switch ini, tempatnya biasanya tersembunyi seperti di dalam glove box.

4. Indikator ‘Passanger Air Bag’ di bawah fascia tengah akan berubah jadi bertuliskan ‘OFF’ yang menandakan kantung udara di depan kiri sudah tidak dalam keadaan standby lagi. Jangan lupa kembali dinyalakan yaa, selain dalam kondisi yang dijelaskan di atas tadi.

EDITOR

Bagja

Top