Rabu,8 Juni 2016 08:00 WIB

Penulis: Advetorial

Tematis Panduan Mudik 2016

Empat Poin untuk Menentukan Mobil Ideal Mudik Lebaran

Foto: Tim Otomotifnet

Empat Poin untuk Menentukan Mobil Ideal Mudik Lebaran

Sudah masuk bulan Ramadhan biasanya selain beribadah, tentu juga pikiran sudah merencanakan nikmatnya libur lebaran. Salah satu persiapan utama yang harus dilakukan adalah naik apa?

Transportasi massal pasti penuh dan sudah harus dari jauh-jauh hari memesan tiket agar kebagian. Opsi paling menarik tentu pakai mobil pribadi. Tapi mobil pribadi jenis apa sih?

Setidaknya, ada empat poin untuk menentukan mobil yang ideal diajak mudik lebaran. Pastinya mobil tersebut harus punya daya tampung optimal, dan mobil berjenis MPV masih menawarkan daya tampung paling banyak, yakni rata-rata 7 penumpang.

Ertiga Dreza
Mobil berjenis MPV masih jadi pilihan paling banyak untuk diajak libur lebaran

Nah, karena muatan penumpang sudah full, belum lagi barang bawaan, maka mobil tersebut setidaknya harus punya empat poin agar mudik lebaran jadi ideal.

Pertama harus Aman. Mobil jenis apapun, keamanannya harus terjamin dong. Jadi bisa dilihat juga ragam fitur keamanan yang terdapat pada sebuah mobil untuk diajak mudik. Misalnya, immobilizer, untuk mencegah mobil kemalingan, lalu adanya airbag, ditambah rem ABS dan EBD yang bikin perjalanan anda tenang.

Kedua, Mewah. Mobil yang diajak mudik setidaknya tidak sekedar membawa keluarga saja. Tapi juga harus punya citra gengsi untuk dibawa ke kampung halaman. 

Ertiga Dreza
Kabin harus terkesan mewah, terutama dari pemilihan kualitas material dan padanan warna

Jadi selain tampangnya apakah sudah kekinian dan terkesan mewah, kabin juga bakal menjadi nilai plus kalau penumpang di dalamnya merasakan aura kemewahan. mulai dari material pada dasbor dan doortrim, bisa juga kualitas jok kursinya.

Poin ketiga, Irit. Menghadapi jalur mudik pasti akan selalu dihadapkan pada kemacetan. Dan jalur luar kota, tentu tidak setiap menit kita berjumpa dengan SPBU. 

Selain itu juga bisa mengurangi biaya yang besar untuk khusus bahan bakar, biaya yang berkurang ini lebih berguna bila dialokasikan untuk menciptakan moment-moment selama diperjalanan (berkunjung ke tempat wisata, maupun kuliner-kuliner)

Ertiga Dreza
Seberapa bagus performa mesinnya memang penting, tapi bakal lebih ideal kalau konsumsi BBM juga irit

Baru kemudian poin terakhir, mobil ideal untuk mudik haruslah Nyaman. Berkendara berjam-jam lamanya, membawa serta keluarga, apalagi kalau membawa anak-anak dan bayi, faktor kenyamanan menjadi penting.

Selain posisi duduk dan fleksibilitas kursi serta kualitasnya, seberapa luas kabin mobil tersebut dan akses keluar masuk kabin dan juga penting untuk menunjang kenyamanan selama berkendara.

Ertiga Dreza
Sistem hiburan di kabin jadi salah satu faktor yang membuat kabin mobil nyaman atau tidak, khususnya untuk perjalanan jauh agar bebas dari kebosanan

Selain itu juga, seberapa lengkap fitur penunjang hiburan seperti audio di kabin, agar kalaupun terjebak macet berjam-jam, para penumpang tidak ada yang protes dan merasa bosan di dalam kabin mobil. Dan bisa dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang didapat oleh mobil tersebut.

Nah, setidaknya ada empat poin untuk menentukan sebuah mobil ideal untuk diajak mudik atau tidak. Sehingga acara mudik menuju kampung halaman sampai balik lagi ke rumah lancar jaya. AMIN, seperti keempat poin tersebut kalau disingkat kan jadi AMIN.

EDITOR

Bagja

Top