Senin,16 Nov 2015 16:04 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Honda Freed S A/T 2013

Foto: KYN

How To Buy Honda Freed S A/T 2013



Berani beda secara tampilan dengan mobil keluarga sejenis tapi tetap diminati di pasar mobkas


Jakarta - Mobil keluarga 7 seater lansiran Honda ini terbilang laris manis di pasar mobil bekas. Nah, yang menjadi keunggulan selain memiliki 7 seater antara lain berkat dapur pacu dengan teknologi i-VTEC yang menjuju efisiensi bahan bakar sekaligus performa. Mesin tersebut memiliki kapasitas mesin 1.500 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris.



Perawatan mesin dilakukan setiap 10 ribu km. Perhatikan batasan usia garansi mesin

Di samping itu desain eksterior Honda Freed terlihat mewah. Khusus tipe ini, pintu tengahnya sudah sliding door sehingga memudahkan akses keluar masuk barang. Menariknya lagi, model pintu tersebut juga sudah dilengkapi fitur Power Sliding Door (PSD) pada bagian kiri. Tentunya fitur ini tidak dimiliki oleh para pesaingnya di kelas Freed.



Spidometer belum ada komplain di bengkel resmi

Salah satu pengguna Freed, Fitri Riyadi, seorang ibu muda yang memiliki 3 anak, mengatakan alasannya kenapa memilih Freed. “Tadinya saya pakai Yaris, tapi karena anak ketiga saya sudah mau lahir, sepertinya Freed cocok untuk jadi penggantinya,” ujar wanita yang tinggal di Bintaro ini.



Dasbor lapang khas MPV

Lanjut perempuan ramah ini, enaknya lagi, jok belakang bisa dilipat dan ‘digantung’ agar memaksimalkan volume kabin belakang ketika membawa barang. Pun begitu, ketika Anda berniat membeli Honda Freed, ada beberapa titik yang harus diperhatikan.



Waspada bila transmisi terasa kasar ketika dioperasikan


“Biasanya kerap ada bunyi mengganggu dari pintu tengah ketika melewati jalan yang kurang bagus,” ujar Bowo, Instruktur Honda Bintaro. Katanya lagi, bunyi-bunyian ini timbul karena sistem engsel yang ada pada bagian atas dan bawah, sehingga pintunya lebih ‘main’ juga ditambah bobot pintu itu sendiri,” ulas pria ramah ini.



Jok belakang masih terjaga kenyamanannya

Masih menurutnya, calon pembeli tidak usah khawatir. Pasalnya, Anda cukup bawa ke bengkel resmi Honda. “Silakan bawa ke bengkel resmi dan akan disetel ulang pin lock pintu dan bodi hingga terpusat lagi. Selain itu juga bagian karet disemprot dengan rubber silicone agar elastis,” bilang Bowo. • (otomotifnet.com)



Sliding door mempermudah masuk dan keluarnya penumpang


“Silakan bawa ke bengkel resmi dan akan disetel ulang pin lock pintu dan bodi hingga terpusat lagi. Selain itu juga bagian karet disemprot dengan rubber silicone agar elastis.”

Bowo
Instruktur Honda Bintaro



Hindari membeli Freed bekas dengan kondisi kaki-kaki yang memprihatinkan apalagi usia kendaraan masih dua tahun.



Bentuk bodi belakang futuristik



Panel kontrol AC yang klasik namun fungsional



Model pelek standar terlihat elegan. Kondisi ban harap dicek dengan seksama

SIMULASI BIAYA KPM


Ada sejumlah syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin membeli mobil secara kredit. Pertama Anda harus siapkan sejumlah dokumen seperti fotokopi KTP (suami dan istri), kartu keluarga, slip gaji, dan rekening koran rekening tabungan tiga bulan terakhir.

Di luar syarat tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan bayar cicilan tiap bulannya. Nah, yang perlu diperhatikan lagi adalah besaran cicilan tiap bulan tergantung dari besaran down payment (DP) serta lamanya tenor yang dipilih. Artinya, semakin lama tenor yang dipilih maka angsuran akan semakin kecil tetapi suku bunga yang diterapkan semakin besar. •

Harga jual Rp 205.000.000
DP 25% Rp 51.250.000
Angsuran Rp 5.489.000
Administrasi Rp 2.250.000
Asuransi Rp 15.580.000
Total pembayaran pertama Rp 74.569.000
Sumber : Mobil 88 Bintaro. Telp. 021-7459988

MENAKAR BIAYA SERVIS

Perawatan rutin Honda Freed dilakukan setiap 10 ribu km. Pada jarak tempuh 10 ribu km pertama dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, dan washer drain. Perawatan rutin ini akan dilakukan lagi pada 50 ribu, dan 70 ribu km.

Kemudian pada 20 ribu km dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, washer drain, dan filter AC. Berikutnya pada 30 ribu km sama seperti servis rutin 10 ribu km, hanya ada penambahan penggantian filter udara.

Pada 40 ribu km sama seperti servis rutin 20 ribu km, hanya biaya jasanya lebih besar. Lalu pada jarak tempuh 60 ribu km dilkakukan servis besar yang juga mencakup penggantian oli transmisi matik, minyak rem, oli mesin, filter udara, dan filter AC. •

Filter oli Rp 45.000
Filter udara Rp 135.000
Filter bensin Rp 870.000
Filter AC Rp 193.000
Tie rod Rp 295.000/piece
Long tie rod Rp 314.000/piece
Kampas rem depan Rp 851.000/set
Sumber : Honda Bintaro, telp. 021-7457231

Plus:

1. Model pintu sliding door memudahkan akses keluar masuk penumpang dan barang
2. Pandangan pengemudi ke segala arah cukup luas
3. Mampu menampung 7 penumpang

Minus:
1. Perhatikan engsel pintu bagian tengah
2. Ada gejala road noise

Data Spesifikasi

Kapasitas mesin : 1.500 cc
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris i-VTEC
Transmisi : A/T 4-speed




EDITOR

Otomotifnet

Top