Jumat,7 Okt 2016 12:15 WIB

Penulis: otomotifnet

How To Buy Mitsubishi Outlander Sport GLX A/T 2014

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Buritan sporty berkat model rear lamp

  • Foto: KYN/otomotifnet

    In car entertainment akan lebih sempurna bila ditambah peredaman kabin

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Tampilan dasbor cukup mewah dan modern

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Belum ada keluhan soal model dan kenyamanan jok pengemudi

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Cukup tiga orang dewasa di kabin belakang

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Kapasitas bagasi cukup luas

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Performa mesin di atas kompetitor

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Ekstra anggaran untuk perawatan kaki-kaki

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Transmisi otomatis masih halus

Elegan berpadu sporty menjadikannya kendaraan favorit di pasar mobkas

Jakarta - Bila Anda sedang mencari kendaraan yang berpenampilan keren, sporty, dan juga mewah, semua ada pada Mitsubishi Outlander. Garis bodi yang tegas serta lekukan yang selaras membuat tampilan menjadi seimbang dan enak dipandang.

Desain eksterior Outlander memang sekilas terlihat seperti Mitsubishi Lancer Evolution X. Tampak grill lebar dengan head lamp yang sporty menjadi ciri khas Outlander. Setidaknya, kedua model komponen tersebut menambah daya tarik Outlander.

Outlander ini sendiri sudah mengusung model facelift dengan perbedaan yang terlihat pada  bumper depan terutama di area foglamp. Meskipun tidak terlalu banyak perubahan tapi tampilan depan terlihat menjadi lebih mewah.

Memasuki ruang kabin, memang hanya cukup untuk lima orang dewasa. Sementara ruang barang juga tidak terlalu mengecewakan untuk ukuran hampir semua mobil sejenis. Lebih nyaman karena memasuki usia dua tahun kondisi AC masih baik dengan kualitas in car entertainment yang masuk kategori memuaskan.

Ketika berniat membeli mobkas ini jangan lupa memperhatikan dapur pacunya. Setelah membuka kap mesin akan terlihat label MIVEC DOHC 4 silinder berkapasitas 2.000 cc. Kemampuan mesin ini dirasa sangat mumpuni untuk membelah jalanan ibukota atau pemakaian luar kota sekalipun.

Transmisi 5 speed otomatis dengan Tiptronic juga akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Menyoal safety tentunya tidak perlu diragukan lagi. Mobil ini sudah ditunjang dengan  airbag dan rem ABS. Belum lagi segudang fitur lainnya yang membuat Outlander menjadi lebih unggul.

"Saya memang perlu mobil yang bisa diandalkan kapan saja, nyaman buat keluarga dan bisa dipacu ketika membutuhkannya," ujar Bagus Widyatama, seorang pengusaha muda pengguna Outlander GLX ini. Dirinya juga menjadikan Outlander ini sebagai mobil hariannya. Masih menurut Bagus, agar lebih nyaman, dirinya  mengganti seluruh lapisan joknya dengan kulit sintetis agar lebih mudah dalam hal perawatan.

Nah, jika Anda berminat membeli Outlander PX dalam kondisi seken, perhatikan saran berikut ini. "Selama masih dalam perawatan bengkel resmi, biasanya tidak ada keluhan, paling hanya seputar kampas rem saja. Selebihnya pastikan saja tidak pernah melewati servis berkala," ujar Dimas, Service Advisor Mitsubishi Bintaro. Kyn/otomotifnet.com

"Selama masih dalam perawatan bengkel resmi, biasanya tidak ada keluhan, paling hanya seputar kampas rem saja. Selebihnya pastikan saja tidak pernah melewati servis berkala."
Dimas Service Advisor Mitsubishi Bintaro

Spesifikasi singkat
Kapasitas mesin: 2000 cc, MIVEC DOHC
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris
Transmisi: otomatis 4 speed Tiptronic

Kelebihan:
1. Model awet hingga 7 tahun ke depan
2. Kemyamanan kabin terjaga
3. Kebutuhan ruang barang terpenuhi

Kekurangan:
1. Harga komponen kaki-kaki cukup tinggi
2. Resale value belum terjaga
3. Ada gejala road noise

Berdasarkan ilustrasi pada tabel yang disimulasikan Bendi21 Bintaro, Tangerang Selatan, untuk harga jual di angka Rp 226 juta. Bila Anda beruntung, bisa saja mendapatkan langsung dari pemilik sebelumnya yang harganya terjangkau. Pun begitu, bila Anda berniat membelinya dengan cara kredit, silakan setor Down Payment dan pilih masa pinjaman atau tenor. Bila tenor yang dipilih semakin lama, maka cicilan tiap bulan semakin kecil tapi konsekuensinya bunga pinjaman semakin tinggi.

KPM
Harga jual                      Rp 226.000.000
Tenor                             3 tahun
DP 25%                        Rp    56.500.000
Angsuran                       Rp     6.210.870
Administrasi                    Rp    3.000.000
Asuransi                        Rp     3.864.600
Provisi                           Rp     1.695.000
Premi TJH                      Rp       125.000
------------------------------------------------------------
Total DP                          Rp  71.395.470

Sumber : Bendi 21 Bintaro. Telp. 021-7457010.

Menakar biaya servis
 
Servis rutin dilakukan setiap 10.000 km dengan penggantian oli, filter oli, dan filter AC. Perlakuan yang sama diulang pada jarak tempuh 30.000, 50.000, 70.000 dan seterusnya. Kemudian kelipatan 20.000 km dilakukan servis besar dengan penambahan pengerjaan berupa cek rem, fanbelt, dan general tune-up. Sementara pada kelipatan 80.000 km dilakukan penggantian oli matik.

Pastikan unit yang Anda beli adalah dalam perawatan bengkel resmi Mitsubishi. Pasalnya, bila Anda memiliki Oulander dengan jejak rekam servis yang baik, akan berpengaruh pada harga jual unit.

Daftar tabel komponen

Filter oli            Rp 30.000
Filter udara       Rp 353.000
Busi                 Rp 194.000 x4
Kampas rem depan       Rp 845.000
Kampas rem belakang   Rp 605.000
Tierod                           Rp 379.000 x2
Long tierod                    Rp 885.000 x2
Sumber : Mitsubishi Bintaro Telp. 021-7458383

EDITOR

Bagja

Top