Sabtu,5 Sept 2015 16:10 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 A/T 2012

Foto: Rian

How To Buy Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 A/T 2012




Jaminan nama besar Toyota untuk kenyamanan mengemudi dan ketersediaan spare parts membuat MPV ini menjadi diminati meskipun sudah berstatus bekas


Jakarta - Sejak diluncurkan satu dekade silam, Toyota Kijang Innova memang telah menjaring banyak peminat dari kalangan manapun. Baik tua, muda, keluarga kecil maupun keluarga besar di perkotaan atau pelosok desa mendambakan sosoknya sebagai people carrier.



Kondisi normal mesin sudah harus diservis rutin dengan estimasi jarak tempuh 60 ribu km

Innova sendiri telah mengalami beberapa kali facelift, dan versi yang Anda lihat ini merupakan facelift kedua dengan mengusung nama Grand New Kijang Innova. Tampilan head lamp dan grill paling sporty dibandingkan versi sebelumnya maupun yang terbaru.



Model dasbor bisa disegarkan dengan penambahan woodpanel atau motif karbon

Sedangkan bagian stop lamp mengikuti kontur bodi belakang dengan bentuk mika dan komposisi warna yang menarik sehingga sangat diminati oleh siapapun. Dengan dukungan mesin 2KD-FTV D4D (Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection) Turbodiesel berteknologi bahan bakar Commonrail, membuat mesin ini memiliki efisiensi tinggi dan suaranya lebih lembut, sehingga hampir mirip dengan mesin bensin.



Spidometer belum ada masalah

Mesin yang diusung oleh Innova diesel ini juga terkenal potensial untuk dimodifikasi agar menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa besar. “Mudah saja untuk mengail tenaga hingga kisaran 300 dk dan torsi lebih dari 500 Nm dengan mesin 2KD ini,” sebut Teddy, tuner Rev Engineering yang sangat gape menangani mesin jenis ini.



Transmisi otomatis masih aman

Di luar urusan hobi tersebut, Kijang Innova dikenal memiliki akomodasi yang baik karena ruang interior yang lega, bahkan hingga baris ketiga. Nuansa warna beige seperti biasa menjadi andalan Toyota untuk interior MPV ini, dipadukan dengan jok berbahan fabric yang relatif nyaman.



Penempatannya dinamis dan nyaman dilihat

Namun karena dianggap mudah kotor, unit yang ditemui pada umumnya telah mendapatkan sarung jok atau dilapis kulit sintetik oleh pemilik sebelumnya. Desain setir juga telah diperbaharui dengan model 4 spoke yang mirip dengan kepunyaan Toyota Corolla Altis.



Kabin depan masih terjaga kenyamanannya

Pun begitu, berhubung mobil ini telah mencapai usia tiga tahun, maka perlu untuk memperhatikan kondisinya secara seksama bila hendak membelinya. “Paling utama adalah cek filter solarnya karena terkait dengan kesehatan mesin. Selain itu juga mengenai fungsi rem apakah masih layak,” ungkap Ridwan Zaelani, Service Advisor Tunas Toyota Cinere, Depok.



Kabin kedua juga terbilang nyaman dan lapang

Bagian AC juga perlu diperhatikan khususnya bagi mobil yang berstatus simpanan dan jarang melaju, biasanya mengalami kelembaban pada sistem AC yang akan menimbulkan bau apek ketika dioperasikan. Selebihnya, Innova diesel tergolong badak mengenai ketahanan komponen mesin dan kaki-kaki. • (otomotifnet.com)

“Paling utama adalah cek filter solarnya karena terkait dengan kesehatan mesin. Selain itu juga mengenai fungsi rem apakah masih layak,”

Ridwan Zaelani Service Advisor Tunas Toyota Cinere, Depok.



Pelek relatif mulus, namun harap perhatikan ketebalan ban

Data Spesifikasi


Mesin 2.494 cc Turbodiesel D4D 16 klep, DOHC
Konfigurasi mesin 4 silinder segaris
Kapasitas penumpang 7 orang
Transmisi Otomatis 4 Percepatan



Perhatikan komponen kaki-kaki karena sudah menginjak usia tiga tahun

Plus:

• Spare parts mudah didapat
• Kenyamanan kabin terjaga
• Ruang kabin lega
• Performa cukup baik

Minus:
• Suspensi limbung
• Perlu penambahan peredaman kabin
• Sebagian harga komponen masih tinggi



Ruang belakang bisa menampung tiga orang

Simulasi Biaya KPM


Grand New Kijang Innova Diesel tipe G ini masih memiliki pasaran yang tinggi, yaitu sekitar Rp 215 juta. Bisa dimaklumi karena MPV ini masih digemari para pencinta modifikasi performa, selain itu juga masih banyak yang meminatinya sebagai kendaraan operasional keluarga.



Buritan dengan kombinasi rearlamp yang menarik

Lembaga leasing bisa Anda manfaatkan untuk mengangsur pembayaran mobil ini. Bisa segera siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan sebagainya untuk mempermudah proses pengajuan kredit.

Lamanya cicilan biasanya bisa sampai dengan 4 tahun, dengan simulasi pembayaran seperti tabel yang tersedia. Namun bila Anda menginginkan tenor atau nominal yang berbeda, bisa segara negoisasikan dengan lembaga leasing yang Anda pilih. Selain itu bisa ditanyakan tentang kemungkinan promo atau diskon yang bisa didapatkan dari proses kredit ini.

KPM 4 Tahun

Harga Jual Rp 215.000.000
DP murni Rp 64.500.000
Angsuran Rp 3.888.000
Administrasi Rp 2.000.000
Asuransi Rp 17.200.000
Provisi Rp 1.505.000
Total Pembayaran Pertama Rp 89.093.000
Sumber : Win Auto, MGK Kemayoran Lt. 3 Blok S 39 Jakpus Telp. 021-29070407

Menakar Biaya Servis

Merujuk pada buku servis, Innova diesel diwajibkan untuk melakukan perawatan ke bengkel resmi setiap mencapai jarak tempuh 10 ribu kilometer atau ekuivalen dengan 6 bulan. Untuk unit yang telah mencapai usia 3 tahun ini, wajarnya telah menempuh sekitar 60 ribu kilometer. Penggantian oli berikut filternya jelas menjadi pekerjaan utama di setiap kesempatan servis.

Kemudian juga filter udara membutuhkan penggantian yang baru, karena telah mencapai interval penggantian 30 ribu km seperti yang disyaratkan oleh pabrikan. Kondisi minyak rem dan pelumas kopling juga perlu dipantau kondisinya karena pada kelipatan 40 ribu km, merupakan interval penggantiannya.

Kemudian filter solar juga telah memasuki masa penggantian di sini, dan disarankan untuk kembali menggantinya di setiap kelipatan 20 ribu km. Adapun untuk oli transmisinya cukup awet karena bisa bertahan hingga 100 ribu km berdasarkan klaim pabrik, kecuali bila sempat terendam banjir maka harus langsung dikuras olinya.

Untuk komponen lain jangan dilupakan soal pemeriksaaan, seperti ketebalan kampas rem, kondisi timing belt, kelistrikan dan kaki-kaki untuk memastikan bahwa kendaraan layak untuk dijalankan.

Menakar Estimasi Biaya Servis (belum termasuk ppn 10%)

Filter Oli Rp 32.500
Filter Udara Rp 361.000
Filter solar Rp 250.000
Oli mesin Rp 80.000/liter
Oli girboks Rp 347.000
Kampas rem depan Rp 689.000
Kampas rem belakang Rp 460.000
Sokbreaker depan Rp 470.000
Sokbreaker belakang Rp 340.000
Minyak rem Rp 45.000
Filter AC Rp 210.000
Engine coolant Rp 115.000
Sumber : Tunas Toyota, Jl. Raya Cinere No.19 Depok, Jawa Barat. Telp 021-7540108















EDITOR

Otomotifnet

Top