Minggu,14 Agust 2016 13:35 WIB

Penulis: otomotifnet

Knowledge Terrain Response Land Rover Discovery Sport, Cukup Pilih Medannya

  • Foto: TYO/otomotifnet

    General/Special Programs Off

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Sand

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Mud-Ruts

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Grass-Gravel-Snow

Jakarta - Menantang medan off-road bukan sesuatu yang mudah. Pengetahuan mendalam tentang cara melewati tiap tantangan, plus fitur kendaraan perlu dikuasai dengan benar. Land Rover, pabrikan yang sudah menjadi expertise selama lebih dari setengah dekade, menciptakan program khusus agar pengguna paling basic sekalipun bisa melewati medan off-road terganas.

Disebut Terrain Response, sistem ini dapat menyesuaikan beberapa pengaturan hingga optimal. Memilihnya kondisinya, cukup menggunakan tombol di bawah kenop transmisi. Yang disesuaikan juga bermacam-macam, mulai dari respon mesin, program girboks, HDC, diff-lock, hingga low range gearbox yang memanfaatkan gigi satu dari transmisi 9 A/T-nya.

Pada Discovery Sport model yang masuk ke Indonesia, hal-hal di atas hanya bisa diatur secara otomatis oleh Terrain Response. Berikut penjelasan pada setiap mode yang tersedia.

General/Special Programs Off

Pada mode ini, setiap aspek mobil dimaksimalkan untuk pengendaraan di atas aspal halus, mengoptimalkan efisiensi jika ada di Special Programs Off atau Eco Mode aktif atau performa jika dipilih mode Dynamic. Ketika mengemudi sehari-hari pada medan normal, sangat direkomendasikan untuk terus menggunakan mode ini, guna menghindari terbuangnya bahan bakar berlebih atau respon yang tidak natural.

Grass-Gravel-Snow

Selain yang tertera di namanya (rumput, kerikil, salju), mode ini digunakan jika medan yang dilewati memiliki permukaan yang licin di atas tanah yang solid atau keras. Fungsinya adalah memaksimalkan traksi dan pengendalian, membuat ETC (Electronic Traction Control) aktif di awal untuk menghindari selip. 

Sedangkan respon akselerator dibuat lebih halus dan pergantian gigi menjadi lebih awal. HDC juga akan aktif secara otomatis ketika dibutuhkan. Lalu ketika membutuhkan performa lebih, cukup menonaktifkan DSC (Dynamic Stability Control), namun setelah itu harus kembali diaktifkan untuk selalu memaksimalkan traksi.

Mud-Ruts

Mode ini digunakan untuk melewati medan berlumpur atau memiliki permukaan yang halus dan tidak rata hingga menuntut suspensi untuk banyak bermain. Pengemudian dan traksi dimaksimalkan untuk jalur berlumpur, dengan membuat respon akselerator menjadi lebih progresif, namun tetap berhati-hati. Wheel spin dapat terjadi ketika berjalan menggunakan mode ini, sedangkan HDC otomatis akan selalu aktif.

Sand

Pasir merupakan salah satu medan off-road tersulit, tak lain karena traksi yang paling sulit didapat. Sesuai namanya, mode ini dirancang untuk melewati medan demikian, khususnya pasir kering yang mudah membuat roda tenggelam seperti di pantai atau padang pasir.

Center differential otomatis dikunci, respon akselerator menjadi lebih agresif dan perpindahan transmisi ditahan hingga putaran mesin lebih tinggi, sehingga wheel spin sangat mungkin terjadi.

EDITOR

Bagja

Top