Senin,2 Nov 2015 18:18 WIB

Penulis: pewete pewete

Komparasi Pelindung Cat Bodi MANA YANG MUDAH DAN ampuh?

Foto: SANO

Komparasi Pelindung Cat Bodi MANA YANG MUDAH DAN ampuh?



Metode stiker selalu dipercaya sebagai cara termudah menjadi pelindung cat asli. Mulai banyak tersedia di pasaran, bagaimana bila dibandingkan dengan model semprot?


Jakarta
- Luka kecil berupa lecet atau baret pada bodi memang tidak membuat performa berkurang, namun bagi perfectionist biasanya cukup mengganggu. Akan lebih mengesalkan lagi jika mobil kesayangan baru saja keluar dari showroom atau dari bengkel cat.

Pasti bukan cuma sekali-dua kali saja pernah dengar kalau melapisi stiker di bodi bisa melindungi cat dari lecet-lecet kecil kan? Begitu juga metode coating semprot yang kini bisa dilakukan sendiri. Namun apa langsung percaya dengan klaim-klaim tersebut?

Biar terbukti, OTOMOTIF mengadakan tes sekaligus mengkomparasikan bagaimana pelindung bodi yang bersifat praktis, seperti stiker dan cat coating semprot, benar-benar berfungsi seperti yang seharusnya. Penasaran? Yuk, simak hasil uji cobanya. • (otomotifnet.com)


METODE


Menggunakan Suzuki APV, kami membagi sisi depan menjadi 3 bagian untuk jenis pelindung yang berbeda-beda. Kiri untuk pelindung semprot DupliColor CustomWrap, tengah untuk stiker 3M dan kanan untuk pelindung ArmorAll Custom Shield Clear Coating. Ketiganya akan diuji dengan 3 metode berbeda yang menirukan kejadian paling umum sehari-hari.

Pertama, mobil akan dilempari kerikil saat diam, menirukan pentalan batu dari ban kendaraan di depannya. Kedua, bumper depan akan dibaretkan terhadap batu besar untuk menirukan kesalahan pengemudi saat terlalu mepet dengan trotoar.

Ketiga, setiap bagian akan dicakar menggunakan kuku sebanyak 50 kali untuk meniru bagian belakang handel pintu yang sering kali lecet karena terkena kuku. Penilaian akan diambil dari kemudahan aplikasi sendiri metode pelindungnya, harga dan ketahanan dari setiap metode pengujuian sebelum dan sesudah pelindungnya dilepas.

HASIL TES


DupliColor CustomWrap Removable Coating

Penggunaannya cenderung simpel, cukup semprot pada permukaan yang sudah dibersihkan, lalu ulangi hingga 5-6 kali dan dibiarkan kering. Namun permukaan yang dihasilkannya kasar, sehingga terlihat sangat berbeda dengan cat mobil sebenarnya. Uji dilempar kerikil pun entah kenapa terlihat menghasilkan kerusakan yang terparah pada bodi. Teknologi EZ Peel yang diusungnya pun seakan tidak mempermudah proses pelepasan yang mudah robek di tengah.

Pemasangan : ***
Harga          : ***
Uji Kerikil      : ***
Uji Batu       : *
Uji Kuku       : ***
Pelepasan    : *


ArmorAll Custom Shield Clear Coating

Sekumpulan bahan kimia termasuk Heptane, Xylene, Petroleum Naptha dan Ketone dikemas dalam kaleng bertekanan tinggi hingga dapat menempel pada permukaan. Penggunaan 5-6 lapis memakan waktu kurang lebih 30 menit, sayang untuk melepasnya masih tergolong sulit karena sering robek di tengah-tengah.

Ketahanan terhadap pengujian pun paling minim, dengan bahan pelindung paling terlihat terkelupas dibanding yang lain.

Pemasangan : ***
Harga          : **
Uji Kerikil      : **
Uji Batu       : *
Uji Kuku       : ***
Pelepasan   : *

Stiker Oracal


Meski paling tipis, tidak disangka stiker lolos melewati pengujian dengan rata-rata baik. Kecuali material yang merusak telah menembus stiker, ketahanannya menjadi yang paling baik. Bahannya juga jauh mendekati cat mobil sebenarnya.

Hanya saja jika merasa bukan pemasang stiker profesional, mustahil untuk dapat merekatkan pelindung jenis ini pada bodi dengan sempurna, apalagi pada bagian dengan lekukan tajam.

Pemasangan  : *
Harga              : ***
Uji Kerikil        : **
Uji Batu          : *
Uji Kuku          : ***
Pelepasan     : ***




1. Bila dilakukan sendiri, metode semprot jauh lebih praktis dibandingkan stiker.



2. Melepas stiker jauh lebih mudah dan tidak meninggalkan jejak sama sekali



3. Ketahanan dua pelindung semprot cenderung sama, sedangkan stiker menunjukkan keunggulannya selama material perusak belum menembusnya.

EDITOR

fauzi

Top