Senin,19 Okt 2015 13:07 WIB

Penulis: pewete pewete

Mau Kabin Avanza Lebih Dingin? Pasang Modul AC

Foto: CHRISTO

Mau Kabin Avanza Lebih Dingin? Pasang Modul AC



Tangerang -
Bagi para Avanza & Xenia lover yang tinggal di seluruh nusantara, pernah merasa suhu kabin enggak dingin ketika berkendara pada siang hari, apalagi saat melintasi rute yang macet? Hmm, mungkin bisa mengikuti saran dari komunitas Avanza Owners Indonesia (AVOID) regional Tangerang nih.

“Pasang modul tambahan khusus AC, bisa menanggulangi masalah tersebut,” ujar Khaerul Anwar, member AVOID yang demen ngoprek. Cara kerja modul tambahan tersebut adalah untuk memanipulasi data yang masuk ke temperature control unit. Temperatur maksimal AC pada Avanza dan Xenia adalah 12°C, kemudian dimanipulasi menjadi 8°C.

Modul tersebut merupakan racikan anak-anak AVOID dan enggak mengganggu kinerja AC standar. Jadi dengan semburan angin yang normal, namun suhu AC bertambah dingin. Pemasangan modul ini sudah terbukti aman di beberapa mobil member AVOID.

“Selain pemasangannya mudah, sudah terbukti suhu kabin saat berkendara di bawah terik matahari lebih dingin,” tambah Awang, panggilan akrab dari Khaerul. Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp 50 ribu, sudah bisa membuat AC lebih dingin. Yang ingin coba memasang sendiri bisa ikuti panduan di bawah ini. •  (otomotifnet.com)

Awang (AVOID): 0857-8256 6612



01. Modul ini yang mesti dipasang supaya AC lebih dingin. Harganya Rp 50 ribu dan pemasangannya juga bisa dilakukan sendiri.



02. Buka cover yang berada di bawah dasbor bagian kanan (sisi sopir). Untuk membukanya terdapat 3 kancing plastik yang harus dicongkel secara perlahan agar enggak merusak. Setelah terbuka, terlihat soket berwarna putih. Itu merupakan kabel yang tersambung ke soket sensor untuk mengatur suhu AC.



03. Setelah menemukan soket tersebut, kupas kabel berwarna merah dan putih sepanjang 3-4 cm. Kupas secukupnya agar mudah nantinya disambung ke kabel modul tambahan.



04. Ada 2 kabel pada modul tambahan. Sambung kabel yang berwarna merah kepada kabel berwarna merah bawaan mobil dan sambung kabel berwarna merah muda terhadap kabel putih bawaan modul.



05. Terakhir, Jangan lupa untuk mengisolasi sambungan kabel standar dan kabel modul tambahan agar aman. Setelah itu tutup cover dasbor ke posisi semula.

EDITOR

Otomotifnet

Top