Kamis,30 Juni 2016 17:15 WIB

Penulis: Domas

Mau Liburan? Ini Tips ala Komunitas Mitsubishi Kuda

Foto: Domas

Tips Liburan

Bagi sebagian besar orang, pulang ke kampung halaman jadi hal wajib di hari Lebaran. Tujuannya agar bisa berkumpul bersama keluarga besar. 

Namun tidak boleh asal jalan, terutama yang membawa mobil pribadi. Apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. 
Mulai dari kondisi fisik, mental dan jasmani, urusan perawatan mobil hingga barang bawaan. 

Nah, komunitas Mitsubishi Kuda wilayah Jawa Timur ini berbagi tips bagaimana pergi berlibur Lebaran yang aman dan nyaman ala komunitas mereka. Seringnya kegiatan turing ke luar kota membuat komunitas ini punya segudang pengalaman soal perjalanan jauh.
 
“Fisik yang prima itu salah satu hal utama. Dan selalu berkoordinasi dengan anggota lain di berbagai daerah yang dilewati. Tujuannya bisa mendapat bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau bisa juga membekali diri dengan peta mudik yang sudah dilengkapi dengan posko-posko mudik,” jelas Dyah Pertiwi, salah satu anggota wanita komunitas Mitsubishi Kuda yang doyan turing dan akrab disapa Naning ini.

Berikut panduan mudik ala komunitas Mitsubishi Kuda chapter Surabaya.
 
1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
2. Bawa uang tunai yang cukup karena berdasarkan pengalaman di daerah-daerah tertentu sering terjadi kesulitan mencari ATM atau bahkan ATM ada, tapi uangnya kosong.  
3. Periksa kelayakan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Mulai dari surat-surat kendaraan dan SIM, cek oli dan filternya, periksa minyak rem bila perlu dikuras, periksa ketebalan kampas rem, lakukan wheel alignment dan balancing.
 
Periksa juga ketebalan ban, tie rod dan ball joint, periksa oli transmisi, kondisi AC dan air radiator, periksa air pembersih kaca dan karet wiper. 

“Siapkan selalu komponen cadangan kendaraan yang beresiko tinggi kemungkinan terjadi masalah di perjalanan, misal ban cadangan, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, air radiator dan oli. 

Jangan lupa lengkapi juga dengan tool set standar seperti dongkrak serta kunci-kunci dan senter,” terang anggota nomor KMK-237 ini. 

Naning juga mengingatkan agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, jaga emosi dan jangan membawa barang yang berlebihan. 

Untuk keluarga yang membawa balita, persiapkan segala keperluannya seperti membawa termos air panas, membawa bantal, selimut, makanan, air mineral serta mainan. 

“Bawa CD atau flashdisk yang berisi film atau musik kesukaan anak-anak bagi yang kendaraannya sudah dilengkapi dengan HU 2-DIN. Dan yang utama selalu berdoa sebelum berangkat,” ujar sekretaris dekan fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini.
    
Agak ribet di depan, tapi aman sampai tujuan.

 

 

EDITOR

Bagja

Top