Selasa,8 Maret 2016 10:03 WIB

Penulis: Otomotifnet

Membersihkan Throttle Body Mazda2, Cukup 30 Menit

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 5

Jakarta - Membersihkan throttle body pada kendaraan mutlak dilakukan. Terutama saat melakukan tune-up rutin. “Misalnya 10.000 KM sesuai anjuran bengkel resmi,” terang Kevin Jayadi, pemilik Kev Garage di bilangan Kedoya, Jakbar. Kalau dibiarkan menumpuk tanpa dibersihkan sempurna, kotoran akan lebih membandel untuk dibersihkan.

Efek sampingnya tentu idle bisa jadi tidak normal. Bisa juga butterfly tersangkut oleh kotoran jadi akselerasi sedikit tersendat. Nah buat pemilik Mazda2 generasi pertama dan hobi DIY (Do It Yourself) caranya tidak sulit. Selain itu prosesnya juga tidak sampai 30 menit. “Enaknya lagi tidak perlu bantuan engine diagnostic tool untuk reset check engine atau idle learning, karena tidak perlu melepas soket TPS atau throttle body utuh,” ujar pengguna Honda Brio turbo ini. Yuk simak caranya berikut ini. • (otomotifnet.com)

Berikut langkah pengerjaannya:


1. Alat-alat yang diperlukan cukup sederhana. Siapkan 1 kaleng carburator cleaner, kunci T10 mm dan obeng minus dan kain lap bersih. Total biaya yang diperlukan kurang lebih Rp 100 ribu. Masih cukup terjangkau dan bisa digunakan beberapa kali.

2. Langkah awal tentu harus melepas air scoop supaya dapat menjangkau throttle body dengan mudah. Caranya dengan menggunakan bantuan obeng minus untuk mencongkel kancing air scoop. Ada 2 kancing yang perlu dilepaskan.

3. Buka kleman slang air intake dari boks filter udara ke throttle body. Gunakan kunci T 10 mm untuk mengendurkan kleman slang tersebut. Ada 2 kleman yang harus dikendurkan supaya dapat melepas slang penghubung tersebut. Tinggal putar ke arah kiri saja untuk mengendurkan.

4. Minta bantuan teman untuk memutar kunci kontak pada posisi ON. Lalu injak penuh pedal gas. Hal ini agar posisi butterfly throttle body terbuka penuh. Jika tidak ada teman atau orang rumah bisa menggunakan benda yang cukup berat untuk menahan pedal gas tersebut. Contohnya saja batu bata.

5. Semprotkan carburetor cleaner lewat mulut throttle body. Bisa gunakan bantuan kain lap jika kotoran cukup membandel. Semprotkan cairan tersebut hingga benar-benar bersih. Namun perlu diingat jangan menekan butterfly dengan kain menggunakan tenaga berlebih. Cukup gosok-gosok saja dengan lembut, karena TPS bisa

error dikarenakan Mazda 2 sudah mengadopsi teknologi drive by wire.

EDITOR

Bagja

Top