Kamis,24 Nov 2016 16:25 WIB

Penulis: otomotifnet

Mengoperasikan TPMS Chevrolet Trax, Menyala Saat Berkurang Signifikan

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Selain fitur yang tertera jelas di brosur, Chevrolet Trax juga dilengkapi sensor pengukur tekanan ban atau tire pressure monitoring system (TPMS). Namun bedanya, TPMS pada Trax tidak dapat menunjukkan tekanan angin masing-masing ban. Pemakaian sensor TPMS berarti terdapat sensor pada tiap ban.

Seperti dikutip pada buku manual Trax, indikator peringatan TPMS akan menyala, jika tekanan angin satu atau beberapa ban berkurang secara signifikan. Tak ada angka pasti dalam berapa PSI sensor ini akan menyala, namun jelas jadi peringatan bagi pengemudi untuk segera kembali mengisi angin bannya jika peringatan tersebut sudah menyala. Tapi kalau indikator ini menyala, ada proses supaya lampu tersebut mati.

Pertama pastikan mobil dalam kondisi berhenti dan matikan mesin. Lalu isi kembali tekanan angin ban, sesuai rekomendasi yang tertera di panel pintu. Jalan beberapa kilometer untuk memulai kalibrasi TPMS. Setelah 2 menit berjalan sekitar 32 kpj, TPMS akan selesai mengkalibrasi dan mematikan lampu peringatan jika tekanan ban sudah kembali disesuaikan.

Sedangkan merotasi atau mengganti ban dan pelek hingga posisi TPMS berubah, akan memunculkan peringatan TPMS. Bila peringatan ini muncul, maka perlu melakukan sinkronisasi ulang TPMS yang juga membutuhkan alat TPMS Relearn Tool. Untuk melakukan sinkronisasi ini, direkomendasikan untuk melakukannya di bengkel resmi. Namun bila memiliki alatnya, berikut cara untuk melakukannya: • Sano/otomotifnet.com

1.Sinkronisasi TPMS perlu dilakukan dalam kondisi rem parkir aktif, kontak kunci dalam posisi ON/RU namun mesin mati

2. Gunakan tombol MENU untuk mengakses menu informasi kendaraan di MID, lalu gunakan thumbwheel untuk masuk ke window TPMS yang bertuliskan ‘tirE LEArn’

3. Tekan dan tahan tombol SET/CLR untuk memulai proses sinkronisasi, akan muncul konfirmasi dan kembali perlu menekan tombol SET/CLR tersebut lagi.

Saat memulai, klakson akan berbunyi yang menandakan receiver TPMS dalam mode kalibrasi ulang. Hal ini akan ditandai MID yang bertuliskan “TIRE LEARN” atau “TIRE LEARNING ACTIVE”

4. TPMS Relearn Tool ditempatkan di dinding ban dekat dengan pentil, kemudian tombolnya ditekan untuk mengaktifkan TPMS.

Urutan ban untuk sinkronisasi ini adalah ban depan kanan, depan kiri, belakang kiri dan belakang kanan. Akhiri dengan memutar kunci kontak ke LOCK/OFF.

 

EDITOR

Pilot

Top