Rabu,27 April 2016 12:13 WIB

Penulis: otomotifnet

Mitsubishi Grandis Community (MGC), Ganti Setir All New Pajero Sport

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1a

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1b

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2a

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2b

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 5

Jakarta - Kepraktisan Mitsubishi Grandis sebagai MPV sudah tak diragukan lagi. Suspensi nyaman, fitur mencukupi di kelasnya, plus akomodasi untuk 7 penumpang. Namun kalau lagi jalan ke luar kota, apalagi lewat jalan tol, ada satu lagi fitur yang berguna supaya pengemudi makin nyaman nih.

“Ganti saja setirnya pakai kepunyaan All New Pajero Sport, tapi yang versi Thailand. Sudah dilengkapi tombol pengatur audio dan bisa mengaktifkan fitur cruise control,” terang Yogi Susanto, owner bengkel GT Auto di Jl. Kelurahan Jatimakmur, Pondok Gede yang jadi rekanan MGC. Sebenarnya bisa saja pakai setir Pajero Sport lokal, namun hanya bisa mengaktifkan tombol pengatur audio saja. Walau memang ada beberapa fungsi yang tetap enggak bisa dijalankan juga, misal untuk fitur Lane Departure Warning dan tombol MID.

Yang pasti, tampilan makin mewah dan seluruh fungsi audio, airbag tetap bisa diaktifkan tanpa ada malfunction. Setir All New Pajero Sport ini dijual Rp 6,5 juta dan ongkos pasangnya Rp 750 ribu. Total waktu bongkar pasangnya paling lama di kisaran 3 jam. Masih bisa ditunggu kan. Begini nih cara pasangnya… • (otomotifnet.com)


1. Untuk mengaktifkan cruise control, cukup tekan pada bagian kanan setir, sebelah bawah. Nanti pada spidometer akan muncul tulisan Cruise, yang berarti fitur ini sudah siap. Lalu tekan ke bawah tombol bertuliskan Set. Nanti tinggal tekan ke atas untuk menambah kecepatan atau ke bawah untuk menurunkan

2. Untuk membuka setir, mesti melepas 3 buah lock spring di balik setir. Cukup ditekan pakai obeng, nantinya tombol klakson akan terbuka.

3. Setelah buka baut 17 mm untuk melepas setir, nanti harus ganti clock spring pakai kepunyaan Pajero Sport juga, karena butuh soket untuk jalur kabel aktivasi cruise control ke ECU. Pada clock spring tinggal tambah 2 kabel kok.

4. Satu lagi yang mesti diganti adalah brake switch. “Switch ini berfungsi untuk menonaktifkan cruise control apabila rem diinjak. Jadi tetap aman sesuai bawaan aslinya,” papar pria berambut lurus ini.

5. Langkah selanjutnya tinggal menyambungkan kabel tersebut ke ECU. Ini juga mudah karena tersedia pin kosong yang memang diperuntukkan command cruise control. Ada 3 kabel dari pin tersebut, yang 2 untuk ke setir dan sebuah kabel untuk ke brake switch. Langkah terakhir tinggal merapikan lagi jalur kabel-kabelnya deh.

GT Auto: 0818-0857 5325

EDITOR

Bagja

Top