Jumat,10 Juni 2016 16:00 WIB

Penulis: Octa Saputra

NGABUBUTIPS

Ngabubutips Bersih-Bersih 'Sepatu' Mobil Jelang Buka Puasa

Foto: Rizky

Sambil nunggu buka puasa, cuci pelek biar bersih

Pelek kendaraan itu ibarat sepatu, gampang banget kena debu dan kotoran. Makanya biar sepatu tetap bersih dan kinclong, kudu rajin melakukan perawatan.

Enggak perlu bawa ke bengkel pelek buat melakukannya. “Bisa dilakukan sendiri dan bahan-bahan yang dipakai juga banyak dijual di toko aksesori mobil,” ucap Frangki Christian dari Sumber Ban di Jl. Imam Bonjol, Tangerang.

Kalau memang bisa dilakukan sendiri, cuci pelek pas banget buat ngabuburit nunggu bedug maqrib. Sebelum mulai, siapin dulu perangkat yang diperlukan.

Diantaranya cairan pembersih pelek, multiwash, sikat, chamois dan kain lap kering. Lalu seperti ini tahapan bersih-bersih yang bisa dilakukan seminggu sekali.

1.    Tahapan dari bersih-bersih pelek dimulai dari siram dulu seluruh bagaian pelek dan ban dengan air bersih.
2.    Cairan mutliwash dicampur dengan air, lalu dipakai untuk mencucui permukaan pelek. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela pelek dengan sikat.
3.    Setelah dirasa seluruh bagian pelek enggak ada yang terlewatkan dari proses bersih-bersih, lanjutkan dengan membilas bagian yang dicuci dengan air bersih.
4.    Selanjutnya semprotkan cairan pembersih pelek. Pada bagian yang satu ini, perhatikan bahan pelek Anda. Bila berbahan alloy, jangan pakai cairan pembersih pelek yang sifatnya korosif.
5.    Bila ada kotoran yang masih membandel, bisa pakai sikat untuk menjewernya.
6.    Tahap berikutnya adalah menyiram seluruh permukaan pelek yang sudah dibersihkan dengan cairan pembersih, dengan air bersih
7.    Paling akhir, lap permukaan pelek sampai kering

EDITOR

Bagja

Top