Senin,27 Juni 2016 16:03 WIB

Penulis: Otomotifnet

NGABUBUTIPS

Ngabubutips Bikin Mud Flap dari Papan Talenan

Foto: Rian

Bikin Mud Flap dari Papan Talenan

Jakarta - Mau mobil tampil ala mobil-mobil rally, ada cara murah dan mudah sambil menunggu buka puasa. Cara untuk membuat mud flap dari berbagai jenis bahan, termasuk PU (polyurethane), busa hati dan fiber.
 
Cara untuk membuat mud flap dari berbagai jenis bahan, termasuk PU (polyurethane), busa hati dan fiber.Meski sudah cukup terjangkau, namun tren yang kini sedang populer di luar negeri ternyata punya alternatif yang lebih murah lagi.

Dibanderol seharga Rp 39.900 ribu di IKEA Indonesia, papan talenan fleksibel yang disebut Drälla ini sedang ramai digunakan oleh komunitas sportcar di luar negeri untuk dijadikan mud flap versi superterjangkau. Kelenturan dan kekuatan dari bahan tersebut juga menjadi alasan banyak dipergunakannya.

Penasaran, kami coba membuat penangkal lumpur dan batu tersebut. Yuk, simak langkah-langkahnya. 


01.Dengan harga tersebut, bakal mendapatkan sepasang talenan fleksibel berukuran 37 cm x 29 cm dan tebal 2 mm. Bahannya adalah plastik polyurethane, sehingga mirip  dengan yang dipakai dalam kompetisi reli sungguhan.

02. Menggunakan pulpen atau spidol, mud guard standar dijadikan cetakan di atas talenan dengan memaksimalkan ruang, sehingga satu papan dapat dijadikan sepasang mud flap. Enaknya rally style, panjang dan lebar luar mud flap yang didesain dapat dibuat lebih. Untuk Toyota Avanza contohnya, panjang dapat dilebihkan sekitar 3,5 cm. Lubang baut aslinya juga perlu ditandai agar dapat dilubangi nantinya.



03. Hasil cetakan dipotong menggunakan gunting, namun perlu diingat ketebalan Drälla mencapai 2 mm, sehingga diperlukan gunting yang cukup kuat. Jika tidak ada bor portable, bisa menggunakan baut tajam yang diputar dengan obeng untuk melubangi titik baut.



04.Setelah terpotong, tentu kepet yang sudah jadi dapat dihias sesuai selera, misalnya dicat menjadi warna favorit menggunakan cat semprot atau ditempel stiker agar makin personal.

05. Karena dicetak menggunakan mud guard aslinya, menempelkan budget mud flap ini ke mobil tujuan hanya perlu memasukkan baut ke lubang yang sudah dbuat.

06. Voila!. Begini nih, budget mud flap versi OTOMOTIF

 

EDITOR

Otomotifnet

Top