Kamis,16 Juni 2016 16:15 WIB

Penulis: Bagja

NGABUBUTIPS

Ngabubutips, Cara Mudah dan Murah Bikin Keren Pelek Mobil

Foto: bagja

Cara Mudah dan Murah Bikin Keren Pelek Mobil

Jakarta - Salah satu cara instan untuk mendongkrak tampilan mobil adalah dengan menggusur pelek bawaan pabrik dan menggantinya dengan aftermarket. Ada cara mudah dan murah bikin keren pelek mobil, bahkan bisa lakukan sendiri dirumah sambil menunggu buka puasa.

OTOMOTIFNET coba mempraktikan sendiri dan begitu tau hasilnya? Keren juga, pengerjaannya nggak ribet, cepat dan biayanya terbilang murah. Cukup cat pelek bawaan pabrik dengan warna apapun sesuai dengan selera.

Coba gunakan Plasti Dip. Cat semprot dalam kemasan kaleng. Mirip Pylox, tapi yang ini setelah kering akan menjadi karet yang melekat pada permukaan yang dicat. Keuntungannya, kapanpun kita mau mengganti warna, tinggal dikelupas, karena tidak seperti cat yang susah dihapus, melepas karet Plasti Dip semudah melepas stiker!

Ngabubutips
Banyak pilihan warnanya lho, dari yang kalem sampai ngejreng, doft maupun solid

Pertama yang harus disiapkan tentu saja satu atau dua kaleng Plasti Dip. Satu kalengnya seharga Rp 225 ribuan kalau membeli di ACE Hardware. Ada banyak pilihan warna. otomotifnet.com mempraktekkan pada pelek diameter 14 inci, dan hanya membutuhkan satu kaleng saja untuk penyemprotan optimal. Tentu kalau diameter pelek makin besar, makin banyak butuh cat.

Sebelum dicat, bersihkan terlebih dahulu peleknya. Lalu dilap sampai benar-benar kering. Ingat, benar-benar kering ya, karena kalau ada tetesan air sedikit saja, bisa membuat warnanya belang. Oiya, jangan lupa alaskan koran atau kain di bawah ban, agar semprotan cat tidak mengotori lantai.

Ngabubutips
Ngecatnya nggak usah takut belepotan, gampang dibersihkan kok

Baru mulai proses pengecatan. Ban nggak perlu dibuka, jadi bisa langsung semprot. Tenang saja, kalau catnya kena bodi atau ban, menghapusnya semudah melepas stiker! Usahakan pada jarak sekitar 15 cm, jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh. 

Akan lebih baik kalau pelapisannya sampai berkali-kali. Jadi bertahap tipis-tipis sampai benar-benar merata. otomotifnet.com sampai tiga lapis semprotan untuk mendapatkan kualitas warna yang lumayan enak dipandang. 

Nggak usah takut cat melebar kemana-mana, kena ban atau bodi misalnya, karena setelah semua selesai, mudah kok untuk melepaskan cat yang sudah berubah menjadi karet kalau sudah kering. 

Ngabubutips
Before (kiri) dan after (kanan)

Nah, jadi deh. Tampilan mobil pun mendadak ganteng! Nggak percaya, coba sendiri deh!

EDITOR

Bagja

Top