Rabu,8 Juni 2016 16:00 WIB

Penulis: Bagja

NGABUBUTIPS

Ngabubutips Sambil Bebersih Jok Mobil

Foto: Rian

Ngabubutips sambil bebersih jok

Jakarta - Salah satu bagian kabin yang penting untuk dirawat adalah jok. Selain tidak akan enak dilihat kalau kotor, juga tidak sehat untuk kabin. Nah, demi kenyamanan, tak ada salahnya bebersih kabin mobil.

Sambil menunggu buka puasa, beberapa cara sederhana bisa dilakukan. Tujuannya tentu supaya jok tetap terlihat segar, dan juga kabin mobil tetap sehat.

Sebelum membersihkan, harus dibedakan dulu dari material jok tersebut. Material jok pada umumnya terbagi atas dua jenis yaitu bahan kulit dan kain. Menurut Sanip dari Sirih Indah, spesialis jok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

“Perawatan antara jok kulit dan jok kain berbeda,” bilangnya. Jok kulit tentu lebih gampang dibersihkan karena tidak cepat menyerap cairan seperti bahan kain,” bilang Sanip. 

"Namun, cairan pembersih jok kulit juga tidak sembarangan, artinya harus yang khusus," ujarnya.

Penggunaan bahan kimia tidak terlalu dianjurkan untuk membersihkan jok. “Lebih baik pakai air biasa, kain, dan kuas halus untuk kotoran ringan,” tambahnya lagi. 

Tetapi air jangan terlalu lama dan sering diusapkan, dikhawatirkan bisa menjadi noda baru karena cairan mengendap. “Jika kotoran sudah menempel permanen, Anda harus sudah mempertimbangkan untuk membawa ke gerai car care.

EDITOR

Bagja

Top