Senin,16 Mei 2016 09:00 WIB

Penulis: billy

Oli Mesin Mobil Sering Berkurang? Ring Ini Bisa Jadi Solusi

Foto: Billy

Kemasan Ring Washer

Jakarta - Pecinta otomotif masih pakai seal tape buat dililitkan ke baut karter saat ganti oli mesin? Wah udah enggak zaman bro. Justru hal ini yang paling sering jadi penyebab oli mesin berkurang. 

Coba cek di area karter oli bawah mesin atau lantai di bawah mobil parkir. Jika ada rembesan oli, segera siapkan ring washer oli bro!

Nah begini cerita komponen bernama ring washer itu. “Terbuat dari metal dengan diameter dalam bervariasi tergantung baut oli. Tahan panas baik rambatan metal atau oli,” terang Almus Hidayat, sales manager Wealthy saat Sales Gathering, Sabtu(14/5) lalu di kawasan Daan Mogot, Jakbar. 

Kelebihan lain, tidak merusak alur baut karena tidak ikut berputar dengan baut. Lantas tidak bikin sumbatan di lubang karter oli. Meski terlihat mulus, permukaan ring sebenarnya punya alur saat dilihat pakai mikroskop. Gunanya untuk mencengkram baut dan permukaan karter.

Ring Washer
Ring Washer ampuh atasi kebocoran alus oli mesin

Beda banget dengan seal tape yang berwarna putih itu. Pertama, bisa merusak drat baut. Kedua, enggak menjamin kebocoran oli teratasi. Ketiga, bahan seal tape yang lemes itu tidak tahan panas. Jika dibiarkan, lama-kelamaan jumlah oli berkurang signifikan dan berpotensi merusak mesin.

Oh iya, ring washer ini biasanya sudah jadi komponen standar bengkel resmi. Namun untuk bengkel umum tidak semua menyediakan. Apalagi komponen ini tidak dibuat di dalam negri. 

Harganya enggak mahal sih, dipasaran dijual seharga Rp 5.000- 10.000.  Kalau mau buat stok bisa kontak hotline Wealthy 021-22522381. Bisa buat sepeda motor juga nih!

EDITOR

Bagja

Top