Minggu,13 Maret 2016 13:12 WIB

Penulis: Otomotifnet

Panduan Ringan Cek Kabin Mobkas

  • Foto: Nda/otomotifnet

    Kalau perangkat audio yang rusak lebih mudah dicari penggantinya

  • Foto: Nda/otomotifnet

    Periksa handle dalam pintu apakah masih berfungsi dengan baik

  • Foto: Nda/otomotifnet

    Kondisi jok yang baik akan menghindari pengeluaran anggaran yang membengkak

  • Foto: Nda/otomotifnet

    . Jangan lupa cek kisi-kisi AC

  • Foto: Nda/otomotifnet

    cermati lampu kabin

  • Foto: Nda/otomotifnet

    Periksa lampu kabin dan handle dalam pintu apakah masih berfungsi dengan baik

Jakarta - Bila Anda berniat membeli mobkas, terutama yang berusia lawas, jangan pernah abaikan kondisi kabin. Pasalnya,  lataran usia terlalu tua, sejumlah fitur atau komponen biasanya sudah tidak berfungsi atau rusak, bahkan hilang. Alhasil, Anda akan disulitkan dengan biaya perbaikan dan tidak sedikit yang harus berburu versi copotannya.

Ada baiknya, Cek Kabin Mobkas perhatikan sejumlah hal berikut ini. “Perhatikan indikator pada spidometer apakah masih berfungsi dengan baik, termasuk petunjuk ketersediaan bahan bakar karena hal tersebut vital bagi pengemudi,” jelas Bei Budiono, kolektor mobil antik sekaligus pegamat pasar mobkas.

Namun, menurutnya bila terjadi kerusakannya, Anda bisa membawanya ke spesialis spidometer. “Nah, yang paling susah dicari adalah kisi-kisi AC, biasanya ditemui hilang atau ada yang patah,” ujarnya. Selanjutnya perhatikan ragam tombol, seperti tombol pengunci pintu, AC, audio, hingga lampu kabin. Sekilas aneka tombol itu terbilang sederhana tapi cenderung sulit ditemui di aftermarket atau bengkel resmi.

“Kalau head unit, penyakitnya biasa ada pada kemampuan membaca CD/DVD yang sudah lemah dan konsumen bisa membawanya ke spesialis servis head unit,” jelas Gunawan, punggawa Dunia Motor, gerai aksesori dan audio di kawasan BSD Autoparts, Tangerang Selatan.

Lanjutnya, bisa juga Anda membeli audio bekas atau baru yang harganya lebih terjangkau. Selanjutnya, Anda bisa perhatikan kondisi jok, trim pintu, dan plafon. “Lebih baik kalau kondisi dalam keadaan baik karena perlu biaya tinggi untuk melapis ulang,” ujar Arie lagi. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top