Senin,25 April 2016 11:11 WIB

Penulis: Otomotifnet

Pasang Peredam Kap Mesin Wealthy, Tetap Sejuk Tapi Enteng

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Ingin kabin atau panas dari ruang mesin enggak menular ke manamana? Salah satu solusi paling mudah ya pasang peredam kap mesin. Biasanya, peredam jenis ini pakai bahan seperti aspal dengan kombinasi alumunium di sisi satunya. Efektif meredam panas dari ruang mesin supaya enggak menjamah area kaca depan atau firewall. Sebenarnya bisa saja diaplikasi ke bagian lain, misal trim pintu dan lantai kabin.

Namun, mesti diperhatikan juga bobotnya. Jangan sampai terlalu banyak, tapi efeknya malah bikin berat keseluruhan bertambah banyak kan. Makanya pas ketemu peredam lansiran Wealthy ini, cukup ringan dan enggak bikin mobil lebih berat. “Materialnya dari butyl rubber dan dijual seharga Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu per lembar,” ujar Almus Hidayat, Sales Manager PT Welty Sejahtera.

Namun yang bikin enteng adalah tebalnya. Punya spesifikasi dimensi 800 mm x 500 mm, tebal peredam Wealthy ini hanya 1,5 mm. Jauh lebih tipis dari generasi sebelumnya yang mencapai 3 mm. Alhasil, bobot per lembarnya hanya 900 gram. Kalau lagi lowong weekend besok, boleh intip nih cara pasangnya ketika dijadikan peredam kap mesin pada Toyota Yaris. Hanya butuh selembar loh! • (otomotifnet.com)

1. Pertama bikin dulu mal dari kertas karton, mengikuti bentuk tulang kap mesin, lalu gunting. Pada Yaris hanya terdapat 3 area yang bisa ditempel peredam ini. Untuk SUV seperti Mazda CX-5, butuh 2 lembar, itupun tidak habis alias masih ada sisa. Jadi paling total hanya nambah berat sekitar 1,2 kg,” urai Almus.

2. Balik kertas, lalu bikin desain pada lembaran peredam. Ingat, kertas mesti dibalik supaya pada saat pemasangan bisa langsung ditempel ya

3. Gunting peredam mengikuti desain dari mal tersebut. Karena tipis, jadi enggak butuh gunting berukuran besar atau tenaga berlebih. Oh iya, karena tipis jadi kalau ingin ditempel di trim pintu yang areanya lebih sempit tetap enggak nyusahin nih. Tinggal tempel saja menyesuaikan tulang pada pintu.

4. Selesain gunting, sekarang tinggal tempel saja. Lepas pelindung berwarna kuning, nanti tinggal tempel saja. “Peredam ini enggak butuh heat gun seperti biasanya. Makanya bisa dikerjakan sendiri. Cukup ditekan tangan saja, nanti begitu kena panas ruang mesin akan semakin nempel kok,” papar pria jangkung ini panjang lebar.

EDITOR

Bagja

Top