Kamis,20 Agust 2015 13:47 WIB

Penulis: pewete pewete

Pasang Steering Damper di Kawasaki Ninja RR Mono USIR GETAR DI SETANG

Foto: AANT

Pasang Steering Damper di Kawasaki Ninja RR Mono USIR GETAR DI SETANG

Jakarta - Mesin silinder tunggal berkapasitas besar apalagi langkah piston panjang, biasanya punya problem dengan getaran, seperti yang dialami pengguna Kawasaki Ninja RR Mono. “Terutama di putaran atas getarannya memang lumayan terasa di setang,” terang Arizal Bob dari bengkel Horse Moto Shop.

“Kalau dibiarkan tangan pasti enggak nyaman dan bisa menurunkan konsentrasi,” imbuh pebengkel yang beralamat di Kosambi, Karawang, Jabar ini. Lalu harus bagaimana? “Mengatasinya mudah, pasang saja steering damper pasti getaran di setang bisa diredam,” terang pria yang biasa disapa Rizal ini.

Kok bisa? Ternyata kinerja steering damper seperti sokbreker, makanya getaran bisa diredam. Ternyata hal yang sama juga diterapkan Angga Kurniawan dari Anjany Racing pada RR Mono customernya. Mau ikutan pasang? Enggak susah! Kendati belum ada yang khusus untuk motor 250 cc ini.

“Bisa pakai punya Ninja 250 kok, butuh ubahan sedikit saja,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing yang bermarkas di Kebon Jeruk, Jakbar. Pilihannya ada 2 model, batang memanjang dan bulat seperti rotari. Model pertama seperti merek Hyperpro, KTC dan Nui, sedang yang kedua ada Titax atau GPR. Harga dari Rp 1-6 jutaan.

Nah kali ini dicontohkan pemasangan model bulat, seperti bikinan GPR yang juga nempel di RR Mono balapnya Anjany Racing. Ini dia urutannya, yuk disimak.• (otomotifnet.com)



Siapkan dahulu steering dampernya, pilih yang sesuai selera dan isi kantong tentunya



Pertama yang dipasang dudukan bawah, mesti diikat ke ujung atas komstir. Kencangkan bautnya pakai L-5. “Tapi sebelumnya mesti buka segitiga atas ya,” wanti Dirjo



Langkah berikutnya masih pakai L-5 pasang batang penghubung antara dudukan dan badan steering damper



Lanjut pasang kaki steering damper yang di segitiga, namun agar bisa terpasang dengan kuat, Dirjo menyarankan untuk menipiskan sedikit mur komstir. Lalu kencangkan pakai kunci sok 32



Terakhir pasang steering dampernya, kencangkan pakai L-5 lagi. Setelah itu tinggal tes deh, setel kalau masih terlalu lembek atau kekencangan

EDITOR

fauzi

Top