Selasa,20 Sept 2016 09:01 WIB

Penulis: otomotifnet

Pelek Calya-Sigra Makin Gagah Dengan Sepatu pas

Halaman 1 dari 5

Foto: Rizky/otomotifnet

Pelek Calya-Sigra Makin Gagah Dengan Sepatu pas

Jakarta - Duet kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memang baru saja muncul. Tapi untuk di komunitas (Calya Sigra Community/ Calsic) sudah ada yang menjalani operasi modifikasi. Paling ringan yakni penggantian pelek 16 inci. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sendiri pelek standarnya menggunakan ukuran 14 inci.

Sehingga penggunaan pelek ukuran 16 inci disebut sebagai pilihan paling relevan. Sebab, pilihannya cukup banyak dengan berbagai motif. Ini juga disebabkan karena mobil-mobil baru mayoritas sudah menggunakan pelek ukuran tersebut sebagai standar keluaran pabrik.

Selain itu, naik ukuran sebanyak 2 inci memang masih masuk tingkat toleransi yang diberikan oleh pabrikan. Selain tampilan akan lebih bagus, dengan naik menjadi 16 inci, lingkar keseluruhan roda tak berubah. Sehingga ‘bacaan’ trip meter juga tidak terlalu ngaco.

Keuntungan lainnya, dengan menggunakan pelek ukuran 16 inci, maka pilihan ban juga relatif banyak. Nyaris setiap merek ban yang beredar di Indonesia memiliki banyak pilihan ukuran di 16 inci. Sementara itu, harga juga tak terlalu mahal jika dibanding ukuran di atas 16 inci. Belum lagi dengan ukuran PCD (pitch circle diameter, jarak antar baut jika diukur bersebrangan) 4x100 membuat pilihannya semakin bejibun.

Nyaris setiap sedan atau hatchback yang memiliki baut 4, PCD-nya 100. “Salah satu keuntungan dari pelek 16 inci, ruang fender jadi lebih penuh. Enggak cingkrang kaya standarnya,” sebut Agus Kurnia, anggota komunitas Calsic asal Tangerang. • Tejja, toncil/otomotifnet.com

Pelek Calya-Sigra Makin Gagah Dengan Sepatu pas
Agus Kurnia. Ruang fender jadi penuh. Enggak cingkrang lagi

 

Halaman 1 2 3 4 5

EDITOR

Bagja

Top