Jumat,6 Nov 2015 09:01 WIB

Penulis: pewete pewete

Pembersih Injektor Wajib Ketika Diatas 20 Ribu Km

Foto: OCTA

Pembersih Injektor Wajib Ketika Diatas 20 Ribu Km

Jakarta - Pemakaian solar yang enggak sesuai dengan kebutuhan mesin diesel modern yang sudah common-rail, bisa bikin injektor kotor. Salah satu ciri yang bisa dilihat kasat mata, timbulnya asap berwarna hitam saat mesin dinyalakan. Kalau sudah seperti ini, sebaiknya segera dilakukan tune up yang juga meliputi pembersihan injektor.

“Untuk bersih-bersih injektor mesin diesel sekarang, enggak perlu lagi banyak bongkar sehingga memakan waktu. Cukup dengan injector cleaner, sudah bisa merontokkan kotoran yang menempel,” ujar Gamaliel Sentosa dari PT Tunap Indonesia, salah satu distributor pembersih injektor di Tanah Air.

Di pasaran sendiri, ada banyak yang beredar. Biasanya juga dijadikan satu paket saat melakukan servis 20 ribu km atau 30 ribu km.Ini beberapa di antaranya. • (otomotifnet.com)



BG DIESEL CARE& BD DIESEL ISC


Produk pembersih ini bikinan Amerika. Pemakaiannya ketika melakukan servis setelah pemakaian 30 ribu km. Penggunaannya sedikit lebih ribet, yakni dengan sistem infus. Lalu sistem ini menggunakan alat khusus model infus dan dengan pressure 10-15 psi.

Dipastikan juga putaran mesinnya di angka 1.200 rpm. Oleh karena butuh alat khusus, maka cara seperti ini hanya bisa dilakukan di bengkel. Pembersihan dengan metode seperti ini, butuh waktunya lebih kurang 2 jam. Di Rev Engineering Jl. Panjang, Jakbar, proses seperti ini dikenakan biaya Rp 750 ribu.



LIQUID MOLY DIEEL PURGE


Cairan pembersih di dalam kemasan kaleng 500 ml ini bikinan Jerman. Dipakai saat melakukan servis 20 ribu km atau dengan kata lain jika kotoran di injektornya belum terlalu parah. Cara pakainya dengan sistem purging, cairan langsung dimasukkan ke dalam aliran bahan bakar melalui pipa in dan bersirkulasi melalui pipa out dengan kondisi mesin menyala.

Setelah kurang lebih 10 menit dalam kondisi idle, boleh digeber tapi putaran mesinnya harus dijaga antara 2.500-3.000 rpm. Jumlah cairan akan berkurang, karena ikut terbakar di ruang bakar. Pastikan masih ada cairan di dalam botol, saat mesin hendak dimatikan. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dan biayanya Rp 550 ribu.



WEALTHY DIESEL INJECTOR & VALVE CLEANER

Dikemas dalam kaleng 400 ml, sebenarnya hanya butuh 1 kaleng Wealthy untuk membersihkan mesin diesel berkapasitas maksimal 2.500 cc, seperti Toyota Kijang Innova.Cara aplikasinya, mesti melepas slang bahan bakar, baik yang menuju filter BBM dan slang return dari injektor. Melepasnya cukup gunakan tang untuk membuka klem penguncinya.

Setelah itu buka pembersih injektor ini, lalu posisikan kedua slang tersebut pada kaleng. Jadi mesin akan membakar cairan Wealthy, tapi kelebihan pressure dari injektor akan dikembalikan lagi untuk kemudian dibakar.

“Hanya saja, akan lebih maksimal lagi kalau slang return dari injektor tidak dikembalikan ke kaleng, namun bisa ditampung ke wadah lain. Tujuannya supaya kotoran yang terlepas dari injektor tidak masuk kembali ke ruang bakar. Kalau pakai cara ini, minimal butuh 2 kaleng Wealthy supaya ruang bakar benar-benar bersih dari kotoran, “ terang Almus Hidayat., Sales Manager PT Wealthy Sejahtera.




TUNAP 134 LOGIC


Produk asal Jerman ini dikemas dalam kaleng 500 ml. Cara penggunaannya dengan sistem purging, jadi butuh slang tambahan untuk ke tempat tampungan cairan tersebut.Sistemnya dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama untuk melembekkan kotoran yang menempel. Tahap berikutnya adalah pembersihan kotoran-kotoran tersebut.

Pada tahapan pertama, mesin dibiarkan menyala dalam kondisi idle selama lebih kurang 10-15 menit. Setelah itu mesin dimatikan dengan waktu yang  sama dan baru kemudian dinyalakan kembali 20 menit. Produk ini dibanderol Rp 150 ribu.

EDITOR

fauzi

Top