Senin,7 Sept 2015 10:07 WIB

Penulis: pewete pewete

Perbaiki Sendiri Spidometer Toyota Great Corolla

Foto: ISTIMEWA, CHRISTO

Perbaiki Sendiri Spidometer Toyota Great Corolla



Jakarta
- Bagi pecinta Toyota Great Corolla, bila mengalami masalah pada jarum penunjuk kecepatan dan rpm yang sudah enggak berfungsi dengan benar, bisa mengikuti saran dari komunitas Great Corolla Club (GCC). “Jangan panik dulu sob, mungkin itu berasal dari elco yang rusak akibat kemakan usia.

Mengingat mobil ini kan sudah ‘tua’ ujar Muhammad Diendy Meuthady, member GCC. Untuk mengatasi masalah tersebut, anggota komunitas GCC sudah menemukan solusi yang cukup membantu, yakni mengganti elco spidometer.

“Penggantiannya enggak susah, namun membutuhkan ketelitian saat memasangnya karena berhubungan dengan sistem kelistrikan,” tambah member GCC - Jakarta dengan nomor urut GC-084 itu. Elco atau kondensator/kapasitor elektrolit berbentuk seperti tabung. Komponen tersebut yang mempunyai dua kaki, yakni kaki ( - )dan kaki ( + ). Fungsinya sebagai penyimpan arus listrik searah.

“Maka dari itu saat pemasangan elco baru, jagan sampai terbalik posisinya, karena bisa terbakar. Bila terjadi bisa merusak komponen lain,” tambah Diendy, panggilan akrabnya.Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 1.000-5.000, sudah bisa mendapat elco baru.

Selain harganya yang murah, elco sangat mudah untuk dibeli di toko kelistrikan dan tempat servis TV. Bagi yang ingin pasang sendiri bisa ikuti panduan di bawah ini. • (otomotifnet.com)




Buka 2 sekrup di bagian atas cover spidometer menggunakan obeng plus. Kemudian lepas cover dengan cara menarik secara perlahan dari bagian bawah.



Setelah cover terlepas, buka 4 sekrup pegangan spidometer, masih menggunakan obeng plus. Dua terletak di atas dan 2 di bawah. Tarik spidometer keluar dan cabut soket yang berada di bagian belakang.



Untuk mencopot benda tersebut, gunakan solder untuk melelehkan timah secara perlahan, kemudian ganti dengan elco baru. Penunjuk kecepatan menggunakan tiga buah elco 100mF, 22mF dan 10mF. Sedangkan untuk rpm membutuhkan dua buah elco 10mF.




Lalu untuk melepas mika harus berhati-hati karena bahannya rentan patah. Untuk mencopot panel indikator penunjuk kecepatan dan rpm, dibutuhkan obeng plus.



Di bagian belakang panel indikator terdapat panel PCB. Di situ dapat dilihat elco yang berbentuk tabung. Elco yang sudah rusak, ditandai dengan adanya bagian yang gosong di bagian bawah.




Untuk memasang elco baru, gunakan solder dan timah. Pada saat memasang, jangan sampai terbalik polaritas (+/-). Karena bila sampai terjadi bisa fatal, elco bisa terbakar dan merusak sistem lainnya.

GANTI LAMPU INDIKATOR

Mengingat mobil ini sudah cukup ‘berumur’, terkadang penerangan pada spidometer sudah enggak sempurna. “Itu biasanya berasal dari bohlam lampu-lampu indikator yang sudah mati,” ujar Diendy.
Nah, sembari spidometer dibongkar untuk mengganti elco, kita dapat mengganti bohlam tersebut sekalian.

Bohlamnya model tancap (T5-T10), harganya berkisar Rp 8 ribu dan untuk menggantinya sangat mudah dan cepat. Penasaran? Yuk, simak caranya di bawah.



Saat cluster penunjuk kecepatan dan rpm dibuka, langsung kelihatan beberapa bohlam yang berukuran kecil berkapasitas 12V/5W



Setelah terpasang, spidometer pasti menjadi lebih terang.



Karena merupakan bohlam model tancap, untuk melepasnya sangat mudah, tinggal tarik saja dengan tangan






EDITOR

Otomotifnet

Top