Rabu,25 Mei 2016 13:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Pilihan Unit Eks-Taksi, Kenali Sebelum Membeli

Halaman 1 dari 3

Foto: Rian/otomotifnet

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli

Kondisi kendaraan siap pakai, dengan rata-rata jarak tempuh sudah mencapai 250-300 ribu km

Jakarta - Pemburu kendaraan seken untuk pemakaian pribadi, saat ini diberikan beberapa alternatif pilihan. Salah satunya adalah kendaraan eks unit taksi. Peremajaan taksi, membuat beberapa operator yang sudah lama beroperasi harus mengganti unit. Biasanya, setelah beroperasi selama 5 tahun. Ketika hal tersebut terjadi, maka unit yang lama dikembalikan dalam kondisi standar dan dijual ke calon konsumen.

Masing-masing perusahaan taksi, jualannya berbeda-beda. Ada yang jual lebih dari 1 tipe kendaraan, baik yang semerek maupun berlainan. Ini dia pilihan kendaraan eks-taksi. • (otomotifnet.com)


Blue Bird Group
Toyota Limo 2010 - 2011

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Toyota Limo 2010-2011

Jadi versi ‘spec down’ dari Vios, penampilan Toyota Limo tentu sudah tidak asing. Enaknya, jadi mudah menyamarkan supaya enggak terlalu terlihat sebagai unit eks taksi. “Untuk Limo yang kita lepas sekarang tahun 2009 dan 2010, rata-rata kilometernya sudah 300 ribuan km,” ujar M. Barliansati, Sales Manager Pool Blue Bird Ciputat.

Soal perawatan tidak perlu khawatir. “Kita mengikuti standar diler Toyota, tiap 7.500 km masuk ke bengkel. Sebulan sekali ganti oli. Ada juga perawatan hariannya, jadi tenang saja,” tambah pria yang akrab disapa Ian tersebut. Kerusakan kaki-kaki seperti sokbreker maupun tie rod pun dipastikan akan diganti, bila ada yang rusak sebelum unitnya dilepas. Begitu juga soal ‘kecantikan’ lain seperti jok kulit hingga cat eksterior.

 

“Unit yang dijual semua kita cat pakai standar merek Dupont. Pilihan warnanya yang populer, biasanya ada hitam, silver, putih dan yang baru ada merah Ferrari,” katanya lagi. Fitur seperti head unit 1DIN juga sudah diberikan sebagai standar. Yang juga memudahkan, memilih unit Limo dari Blue Bird Group bisa langsung menikmati paket upgrade agar tidak terlihat seperti taksi.

Dengan menambah sekitar Rp 6 juta misalnya, sudah dapat power windows, pelek dan alarm. Tambah Rp 15 juta, sudah dapat body kit ala TRD Sportivo. Soal harga unitnya, Rp 77,5 juta jadi angka yang ditetapkan untuk Limo tahun 2010. Yang menarik, tersedia paket cicilan dengan DP sangat rendah, dimulai dari Rp 10 juta saja. •

Blue Bird Pool Ciputat: 021-723 8888
M. Barliansati: 0812-1865 5985/0816-115 1146

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Interior paling terawat dan dapat dijejali fitur seperti head unit, alarm hingga ganti pelek

Mercedes-Benz E 200 W211 2009 - 2010

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Mercedes-Benz E 200 W211 2009-2010

Unit yang satu ini bisa dibilang paling menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan membawa Rp 35 juta saja, bisa membawa pulang sebuah Mercy E Class yang usianya baru sekitar 5 tahun. “Kita sedang ada diskon besar-besaran untuk unit yang ini, kalau biasanya kita jual Rp 220 juta, sekarang clearance sale sampai Rp 180 juta untuk tahun 2009,” jelas Ian.

 

Bagi yang takut soal perawatan taksi mewah ini saat masih digunakan untuk mengangkut penumpang, Blue Bird menjamin hal tersebut. “Kita ada alat Mercedes Star Diagnostic seperti yang digunakan di bengkel resmi Mercedes- Benz. Semua unit Mercy Silver Bird rutin di-scan pakai alat itu, jadi kerusakan selalu terdeteksi dan kita perbaiki,” tambahnya.

Untuk warna eksterior, hanya tersedia hitam. Namun pembeli dapat memilih warna beige atau pun hitam untuk interior, misal pada jok kulit. •

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Pengaturan jok elektrik penumpang depan ada di bagian bawah jok

Toyota Vellfire 2010 – 2011

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Toyota Vellfire 2010-2011

Tidak melulu sedan, unit eks -taksi juga tersedia dalam bentuk MPV mewah loh. Kembaran Toyota Alphard setelah dipakai Silver Bird mengangkut penumpang selama 5 tahunan ini, juga ditawarkan dengan harga menggiurkan. “Kita punya dua jenis Vellfire, ada yang untuk rental dan ada yang untuk taksi. Yang buat taksi jelas kilometernya lebih banyak, sekitar 300 sampai 400 ribuan km,” ujar Ian.

Soal harga, MPV 7-seater yang dilepas dari unit taksi juga dibanderol lebih murah, mulai dari Rp 395 jutaan sampai Rp 420 jutaan, sedangkan unit travel dengan kilometer lebih muda masih di atas Rp 475 juta. Cukup menggiurkan mengingat versi milik pribadi dengan tahun yang sama masih ada di kisaran harga Rp 500 jutaan.

Pilihan Unit Eks-Taksi Kenali Sebelum Membeli
Pengaturan Semua jok fabric masih manual

Namun sebelum terburuburu, beberapa fitur pun absen pada Vellfire eks taksi ini. Jok masih menggunakan bahan fabric, pengaturannya pun masih full manual. Head unit juga menggunakan 1DIN sehingga belum ada monitor. Peredaman pada pintu juga terasa kurang dibanding versi non-komersialnya. Positifnya, fitur lux seperti panoramic sunroof, tombol engine start/stop, pintu geser elektrik kiri dan kanan sudah jadi standar.

Perawatan pun sama seperti yang didapat setiap Limo dan Mercy E200 milik Blue Bird, yaitu rutin mengikuti anjuran bengkel resmi. Mesin yang digunakan adalah 2AZ-FE, berkapasitas 2.362 cc yang dipasangkan ke transmisi CVT. Tentu akan diuntungkan karena setiap bengkel resmi Toyota akan dapat menanganinya. •

Halaman 1 2 3

EDITOR

Bagja

Top