Sabtu,29 Okt 2016 13:15 WIB

Penulis: otomotifnet

Problem Sliding Door Mobil, Waspada Buat Umur 5 Tahunan

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Foto 1

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Foto 2

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Foto 3

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Foto 4

  • Foto: Dok OTOMOTIF

    Foto 5

Jakarta - Apakah Anda salah satu pemakai kendaran dengan pintu sliding seperti Toyota Alphard, Nissan Serena atau Honda Freed. Perhatikan proses buka tutup pintunya deh, apa ada bunyi krek… krek saat dibuka? “Bunyi-bunyian tersebut jadi penanda mulai adanya masalah.

Biasanya itu terjadi pada kendaraan yang umurnya sudah 5 tahun,” jelas Ranta dari Tiga Saudara Motor, spesialis perbaikan sliding door di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Selain karena faktor umur, ada hal lain yang bisa bikin sliding door bermasalah. Contoh akibat korsleting setelah kemasukan air saat menerjang banjir atau bahkan terendam, yang bikin modul terancam koit.

“Biasanya seperti itu terjadi pada Velfire,” kata pria ramah itu singkat. Selain itu apa saja yang mesti diperhatikan?  • Oct/otomotifnet.com

1. Kendaraan yang pakai sliding door, biasanya mulai ada masalah setelah pemakaian 5 tahun atau lebih. “Kalau sudah rusak, baru diperbaiki. Mereka enggak pernah berpikir soal perawatan,” terang Ranta.

2. Bunyi krek… krek saat sliding door bergerak, jadi pertanda mulai adanya masalah pada perangkat tersebut. Biasanya banderol servisnya Rp 1-1,5 juta. Karena paling sering dibuka-tutup, pintu geser sebelah kiri biasanya paling cepat rusak.

3. Cover motor rusak menular pada sling. Biasanya ini terjadi pada Alphard atau Serena dan untuk yang satu ini bisa diservis.

4. Seperti ini tampang motor sliding door Freed. Perbaikannya bisa menelan biaya Rp 2 jutaan.

5. Modul sliding door Velfire adanya di bawah bodi dan rentan terhadap air dan genangan. Kalau sudah korsleting, kudu ganti perangkat dan banderolnya menurut Ranta di kisaran Rp 8 jutaan.

EDITOR

Bagja

Top