Kamis,16 Feb 2017 14:30 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Punya Toyota Calya? Ini 10 Hal Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Foto: Fransiscus Rosano

Bila anda memiliki Toyota Calya, tahu kah mobil anda bisa menghubungkan ke 2 smartphone sekaligus, menyalakan Panic Mode, lampu depan bisa mati otomatis dan masih banyak lagi?

Jakarta - Lahir sebagai budget car di kelas MPV LCGC (Multi Purpose Vehicle - Low Cost Green Car), pasti banyak yang tidak tahu kan kalau Astra Toyota Calya menyimpan banyak hal tersebunyi?

Bahkan beberapa di antaranya sempat membuat Otomotifnet tidak percaya MPV ini masih dibanderol dengan harga di bawah Rp 150 juta.

Ada apa saja? Simak 10 hal dan tips di bawah ini yang mungin tidak kamu ketahui tentang Toyota Calya:

 

1. Dua Pairing Bluetooth

Head Unit Toyota Calya
Head Unit Toyota Calya G

Ketika mayoritas pesaingnya belum tentu ada fitur Bluetooth, Calya tipe G sudah memiliki head unit yang bisa dipasangkan atau pairing dengan dua device Bluetooth smartphone sekaligus.

Caranya mudah, Bluetooth head unit akan langsung terdeteksi oleh smartphone ketika dinyalakan. Cukup klik tombol di tengah head unit untuk konfirmasi pairing. Setelah smartphone pertama disambungkan, maka head unit akan kembali mencari satu device lagi, kembali hubungkan dengan smartphone yang lainnya.

Untuk mengganti device Bluetooth mana yang mau streaming media, klik tombol bergambar Bluetooth.

 

2. One Touch Triple Turn Signal

Toyota Calya Lampu Sein
Tuas lampu sein Toyota Calya

Seperti mobil yang lebih premium, Calya dilengkapi fitur One Touch Triple Turn Signal. Sesuai namanya, cukup sentuh tuas lampu sein sekali, maka otomatis lampu sein akan berkedip sebanyak tiga kali, yang sangat memudahkan proses bermanuver di jalan raya.

Mengapa hal ini spesial? Coba cek Agya atau yang lebih mahal seperti Rush, Yaris dan Sienta yang hingga sekarang belum dilengkapi fitur ini.

 

3. Klip Karpet

Toyota Calya Karpet
Klip karpet pengemudi Toyota Calya

Khusus posisi pengemudi, karpet pelapis lantai Calya dilengkapi dengan klip penjepit. Fungsinya agar posisi karpet tidak kabur kemana-mana seiring diinjak-injak oleh sang pengemudi.

Cara mengoperasikannya, cukup putar kedua klip ke arah horizontal untuk memasang atau membuka karpet dan kemudian putar ke arah vertikal untuk menguncinya.

 

4. Wiper Belakang Menyala Otomatis

Toyota Calya
Wiper belakang Toyota Calya


Bukannya menyala otomatis ketika hujan turun, tetapi saat transmisi dimasukkan ke R ketika ingin mundur. Memang tak langsung menyala begitu saja, namun kita harus terlebih dahulu mengaktifkan wiper depan, barulah saat mundur nanti wiper belakang otomatis beroperasi.

Enaknya, setiap hujan turun dan wiper depan sedang diaktifkan, kita tak perlu lagi mengaktifkan wiper belakang secara terpisah karena akan otomatis menyala saat tuas transmisi dipindahkan ke R.

 

5. Semi Intermittent Front & Rear Wiper

Toyota Calya Wiper
Tuas wiper Toyota Calya

Pada level harga ini, biasanya bahkan tak disematkan wiper belakang untuk menghemat biaya. Berbeda dengan Calya, yang bahkan sudah dilengkapi wiper depan dan belakang berbagai level.

Tak hanya dapat dinyalakan secara konstan, ada juga pilihan intermittent atau jarak waktu tertentu di antara wiper aktif, namun kami sebut semi intermittent karena gap tersebut tak bisa diubah. Oh ya, semi intermittent wiper ini juga tersedia untuk wiper belakangnya loh.

 

6. Tidak Ada Auto Up

Toyota Calya Power Window
Tombol power window Toyota Calya

Meski tombol pembuka jendela di posisi pengemudi bertuliskan ‘A’, ternyata ini hanya berlaku untuk auto down atau jendela otomatis turun penuh dengan satu sentuhan. Tidak ada auto up, tombol masih harus tetap ditahan hingga jendela tertutup penuh secara manual.

 

7. Posisi Dongkrak

Toyota Calya
Dongkrak Calya ada di bawah jok penumpang depan

Sudah tahu dimana posisi dongkrak Calya? Bukan di belakang, bukan di ban serep, ternyata ada di bawah jok penumpang depan.

Cara mengambilnya mudah, cukup majukan jok penumpang depan hingga mentok, kemudian tarik bagian samping dongkrak dan ketika sudah terlepas, keluarkan dari dudukannya.

 

8. Cara Menurunkan Ban Serep

Toyota Calya Ban Serep
Ban serep Calya ada di bawah kolong

Punya bagasi dengan load lip yang rata dengan lantai bagasi, dimana kah ban serepnya? Coba intip kolong belakang…

Cara menurunkannya, gunakan kunci yang disediakan di belakang posisi awal dongkrak, kemudian putar ke kiri baut yang terletak di sebelah kanan bibir bagasi. Setelah ban serepnya turun, keluarkan ban dari dudukannya.

 

9. Panic Mode

Mengaktifkan Panic Mode Toyota Calya Hanya Gunakan Di Saat Darurat
Klik tombol 'LOCK' 3x untuk mengaktifkan Panic Mode

Sesuai namanya, gunakan mode ini untuk mengaktifkan alarm ketika dalam kondisi panik seperti mobil sedang dihampiri maling.

Caranya, cukup tekan tombol ‘LOCK’ pada remote kunci sebanyak 3 kali. Detailnya, bisa dibaca di sini.

 

10. Lampu Otomatis Mati

Astra Toyota Calya
Lampu Calya akan otomatis mati setelah kunci dicabut

Pasti pernah mengalami kejadian ini kan, terlalu capek untuk mematikan lampu mobil di malam atau siang hari, kemudian keluar dari mobil dan membiarkan aki tersedot lampu seharian? Tenang, tidak akan demikian di Calya, karena lampu akan otomatis mati ketika anda mencabut kunci, bahkan saat tuas lampu di posisi menyala.

 

Bagaimana? Mana yang anda tahu dan mana yang belum?

EDITOR

rio

Top