Senin,9 Nov 2015 10:54 WIB

Penulis: pewete pewete

Recall Honda Mobilio, Jazz dan City CEGAH CVT bermASALAH

Foto: F.YOSI,Dok Otomotif

Recall Honda Mobilio, Jazz dan City CEGAH CVT bermASALAH

Jakarta - Dalam kondisi berkendara yang enggak normal, Honda Motor di Jepang menemukan adanya masalah pada ECU. Permasalahan pada ECU itu yang kemudian merembet ke performa mesin. “Berkendara yang enggak normal itu seperti suka memainkan pedal gas secara berulang-ulang atau suka berakselerasi mengentak.

ECU enggak bisa membaca apa yang terjadi itu dan oleh karena itu perlu diadakan recall atau pemanggilan kembali,” jelas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Recall yang dilakukan saat ini untuk produk yang menggunakan CVT seperti Honda Mobilio (rakitan tahun 2014 dan 2015), Jazz (2014) dan City (2014). Kalau melihat dari cara berkendara yang kerap menginjak dan lepas pedal, enggak hanya akibat dari cara berkendara yang dianggap tidak normal. Beberapa kondisi lingkungan sekitar, juga bisa membuat hal tersebut terjadi.

Salah satu contohnya ketika kita berkendara di kemacetan. Sudah pasti pedal gas enggak diinjak secara konstan, namun akan lebih sering melakukan hal yang dianggap seperti berkendara tidak normal.

“Acap kali menginjak dan melepas pedal gas, akan membuat tekanan hidrolis menjadi tinggi. Pada mesin matik terutama yang pakai CVT hal itu akan menimbulkan masalah,” kata H. Eddy Haryadi, GM Aftersales Service & Part Honda Megatama Group.

Sampai saat ini, masalah yang ditakutkan pada bagian CVT (drive pulley safe) itu belum pernah terjadi. Tapi sebagai langkah pencegahan kerusakan dikemudian hari nanti, dilakukan recall.
Perlakuan recall-nya sendiri adalah hanya meng-upgrade software ECU. Sehingga tekanan hidrolisnya enggak terlalu tinggi dan lebih aman buat komponen CVT.

Memang lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Meski belum pernah ditemui kasus kerusakan tersebut, pemilik Mobilio, City dan Jazz silahkan untuk memanfaatkan program recall ini. Gratis! • (otomotifnet.com)



Sampai saat ini memang belum ada yang mengalami masalah. Oleh karena recall dilakukan sebagai tindakan pencegahan



All New Honda City juga ikutan harus melakukan upgrade software ECU



Pemilik All New Jazz jangan lupa segera mampir ke bengkel resmi terdekat

EDITOR

fauzi

Top