Rabu,30 Maret 2016 13:46 WIB

Penulis: Otomotifnet

Rekondisi Pelek Peyang Masih Bisa Servis, Selama…

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Lagi asyik jalan terus kena lubang, pasti selain kaget dengar suara, bisa jadi ada perangkat kaki-kaki yang kena ‘getahnya’. Entah ban benjol, pelek peyang atau bahkan komponen seperti ball joint dan as roda bisa saja kena imbasnya.

Makanya pas ada rekan redaksi yang ‘menghajar’ lubang di jalan tol, langsung saja berhenti untuk mengecek kondisinya. Benar saja, begitu diintip ternyata pelek bagian dalam sudah peyang dan ban benjol. Untungnya, feel berkendara masih sama alias enggak sampai bikin setir narik ke salah satu sisi atau ada getar abnormal.

Begitu dibawa ke bengkel 44 Automotion, spesialis rekondisi pelek, ternyata kerusakannya masih bisa dikembalikan seperti semula. Untung nih, enggak jadi beli pelek baru deh.

“Selama pelek enggak pecah, masih bisa dibetulin kok sampai balik semula,” ujar Felix Iskandar, owner bengkel yang beralamat di Jl. Arteri Kedoya, Jakbar ini.

Ternyata memang benar, setelah perbaikan, setir masih terasa normal dan tidak ada gejala getar. Termasuk saat ban diganti dan di-balancing ulang, masih dapat menunjukkan angka 0. •  (otomotifnet.com)

44 Automotion: 0816-1103235

Berikut urutannya:

1. Begini kondisi pelek bawaan Nissan March setelah kena lubang. Selain ban benjol karena lubang, pelek ikut peyang akibat kerasnya hantaman
2. Untuk merekondisinya, pelek harus dipanaskan terlebih dahulu. Setelah itu yang peyang diketok-ketok dengan palu, mesti menggunakan media kayu sebagai alasnya
3. Setelah bentuk pelek kembali bundar, bekas gosong akibat panas harus dibersihkan. “Kalau ini cukup pakai ampelas halus untuk menghilangkan bekas gosongnya,” terang Felix lagi.
4. Lebih baik lagi kalau pelek dicat supaya tak ada warna yang belang. Bisa menggunakan cat semprot kaleng secukupnya, hanya untuk menghilangkan noda bekas perbaikan

EDITOR

rio

Top