Jumat,7 Agust 2015 11:05 WIB

Penulis: pewete pewete

Reset ECU Nissan Bukan Untuk Perbaiki Masalah

Foto: Hardy

Reset ECU Nissan Bukan Untuk Perbaiki Masalah

Jakarta - Sebelum melakukan reset, sebaiknya pahami dulu dan jangan salah kaprah. Begini, ECU mempelajari tentang mesin saat kendaraan berjalan atau mesin dihidupkan. Learning adalah proses ECU mempelajari perubahan toleransi sensor dan aktuator pada mesin.

"Hasil pembelajaran ECU akan disimpan dalam RAM, yang disuplai dengan baterai, agar memory tidak hilang dan tidak harus mulai dari awal pada saat menghidupkan mesin," Ovi Sardjan, tuner Khatulistiwa Suryanusa di Jl. Pramuka, Jakpus.

Nah reset ECU adalah proses menghapus semua memori jangka panjang yang tersimpan ECU. Variabel-variabel seperti idle speed, bahan bakar, ignition dan banyak lagi. ECU juga akan menyimpan masalah kode untuk proses diagnostik.

Ada mitos bahwa perlu melakukan reset ECU setelah melakukan modifikasi mesin. Ada juga yang menyimpulkan bahwa reset akan memperbaiki masalah mesin. Keduanya merupakan mitos yang tidak benar. "Dengan reset ECU, nilai-nilai yang sudah tersimpan akan di-default ke netral dan semua trouble code akan dihapus," terang  Antoni Wijaya, pemilik bengkel Under Control yang bermarkas di Bendungan Hilir, Jakpus.

Cara reset ECU cukup beragam, ada yang mesti melepas terminal negatif kabel aki selama beberapa saat. Beda kendaraan, beda waktu yang dibutuhkan. Untuk Honda biasanya cukup 30 detik. Bisa juga mencabut sekering EFI selama 30 detik seperti pada kendaraan keluaran Toyota.

Pada Nissan, khususnya yang sudah mengadopsi teknologi drive by wire, ada cara unik yang sama sekali tidak membutuhkan alat. Yuk kita simak cara reset ECU Nissan yang dipraktekan pada Nissan Grand Livina. Oh iya jangan lupa untuk mengendarai kendaraan  sesuai dengan kebiasaan. Jangan juga terlalu lambat karena ECU akan mempelajari driving habit pemilik kendaraan. • (otomotifnet.com)



Langkah pertama pastikan mesin kendaraan tidak dalam kondisi hidup. Lalu putar kunci kontak pada posisi On dan tunggu selama 3 detik.



Tekan pedal gas hingga mentok dan angkat kaki dari pedal gas sebanyak 5 kali. Lakukan prosedur ini dengan cepat. Kemudian  hitung sampai 10 detik, kemudian tekan full pedal gas.



Lanjutkan dengan menghitung hingga 12 detik. Kemudian lampu check engine akan mulai berkedip. Saat mulai berkedip, angkat kaki dari pedal gas.



Hitung sampai 10 detik, kemudian injak full pedal gas. Lalu hitung lagi hingga 10 detik, setelah itu angkat kaki dari pedal gas.



Kemudian putar kunci kontak ke posisi Off. Lalu putar lagi ke posisi On dan hidupkan mesin. Proses reset sudah selesai. Selamat mencoba.

EDITOR

Otomotifnet

Top