Rabu,8 Juni 2016 17:00 WIB

Penulis: Bagja

RPM 2.000, Kunci Hemat BBM Honda BR-V

Foto: Bagja

ECO Indikator Honda BR-V

Jakarta - Jelang libur lebaran, seberapa irit konsumsi bahan bakar sebuah mobil tentu jadi pertimbangan tersendiri. Asiknya kalau mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur ECO.

Honda BR-V salah satunya. Kalau cukup jeli, crossover andalan Honda ini sudah disematkan fitur ECO indikator pada Multi Information Display (MID). Indikator tersebut bisa menyala kalau cara mengemudi kita dianggap hemat BBM.

Tapi bagaimana bisa tau? Cara yang paling umum, pastinya tidak langsung membejek pedal gas, artinya akselarasi mobil harus sehalus mungkin. Dengan begitu, lampu indikator ECO akan menyala hijau, artinya berkendara hemat BBM.

ECO Indikator
ECO Indikator Honda BR-V bisa menyala saat putaran mesin dibawah RPM 2.000, meski mobil melaju cukup kencang

Salah satu cara kerja indikator ECO pada Honda BR-V, sensornya ada pada putaran mesin. Dipatok untuk terus menyala ketika putaran mesin dibawah RPM 2.000, terlepas dari berapapun kecepatan mobil yang bisa digapai pada RPM tersebut.

Jadi tidak selalu saat berjalan perlahan indikator ECO tersebut akan menyala, karena kalau ternyata putaran mesinnya diatas RPM 2.000 maka lampu akan mati.

Begitu juga saat melaju kencang, misalnya diatas kecepatan 100 Kpj. Selama putaran mesin bisa dijaga dibawah 2.000 RPM, mau ngebut sekalipun, lampu indikator akan menyala hijau, artinya hemat bahan bakar.

Seberapa irit BBM saat indikator menyala? Relatif sih. Namun kalau melihat pada data yang tertera pada MID rata-rata minimal bisa diatas 15 kpl. Lumayan kan?

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top