Rabu,24 Agust 2016 16:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Salah Kaprah Ketika Memilih Kaca Film

  • Foto: Ndha/otomotifnet

    Ragam pilihan kaca film dengan keunggulannya bisa mudah ditemui di aftermarket

  • Foto: Ndha/otomotifnet

    Ingat, kaca film warna silver belum tentu dapat menolak panas yang lebih baik ketimbang warna hitam

Tidak sedikit orang yang baru saja meminang mobil bekas dengan kondisi kaca film memprihatinkan. Mulai dari bergelombang hingga terlihat benjolan. Nah, ada baiknya Anda sambangi gerai kaca film terdekat untuk menggantinya.

Pun begitu, sebelum Anda meminangnya, sebaiknya pahami dulu segala hal tentang kaca film.

“Banyak masyarakat yang salah kaprah tentang kaca film sehingga salah ketika memilihnya,” jelas Aditya S. Widjaja, selaku juragan Key Auto Film, Bekasi.

Seperti yang diilustrasikan olehnya, bahwa kaca film gelap tidak selalu dapat menolak panas dengan baik atau kaca film yang lebih terang dan lebih bening, dianggap lebih panas daripada kaca film yang lebih gelap.

“Hal ini adalah anggapan yang salah, karena kaca film bening ataupun clear bisa lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film dengan kegelapan 80%,” jelasnya.

Menurut pria ramah ini, hal ini karena teknologi kaca film clear tersebut sudah menggunakan teknologi yang canggih atau sudah high end dan bukan kaca film low end yang fungsinya hanya untuk menggelapkan saja.

“Sebagai contoh kaca film First Klass 70 dan First Klass 55 adalah jenis kaca film bening yang mempunyai daya tolak panas tinggi,” tuturnya.

Nah, salah kaprah berikutnya adalah Kaca film dengan spesifikasi angka ultra violet rejected 99% yang banyak beranggapan bahwa kaca film tersebut bagus dan dingin.

“Ini anggapan salah, karena panas matahari bukan hanya diukur dari sinar ultra violet saja tetapi juga diukur dari sinar infra red,” bilangnya.

Sementara itu Yuliana, Sales & Marketing, Kabuki Auto Shop, Ruko Malibu Square, Tangerang Selatan ikutan berembuk soal salah kaprah ini. Katanya, banyak pemilik mobkas yang beranggapan kalau kaca film hanya berfungsi untuk menolak panas.

“Anggapan ini salah, karena selain untuk menolak panas, kaca film juga berfungsi untuk menahan pecahan kaca jika terjadi benturan, agar pecahan kaca tidak menimpa ke pengendara, tentunya dalam hal ini melapis kaca depan mobil sangatlah penting,” bilangnya.

Masih menurutnya, salah kaprah berikutnya adalah Kaca film bewarna silver lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film warna hitam.

“Hal ini salah, karena dengan teknologi pembuatan kaca film saat ini yang sudah canggih maka kaca film warna hitam dapat menolak panas dengan baik bahkan mempunyai kualitas lebih tinggi dibandingkan kaca film warna silver,” tutupnya. • (otomotifnet.com / Ndha)

EDITOR

Bagja

Top