Kamis, 22 Maret 2012 17:06 WIB

Penulis: Agus Sulis

Salah Satu Penyebab Oli Mesin Suzuki Karimun Berkurang

Foto:

Salah Satu Penyebab Oli Mesin Suzuki Karimun Berkurang


Kondisi karet membran yang sobek (kanan)
Sewaktu marak kejadian fuel pump jebol dan berakibat langka di pasaran, Febri mengakalinya dengan memasang pompa bahan bakar mekanik alias membran. Berhubung mesin Suzuki Karimun lansiran 2003 miliknya sama dengan bawaan Suzuki Katana yang memang masih memakai sistem membran, maka proses pemasangan peranti penyuplai bahan bakar ke karburator ini berjalan sukses.

Namun, setelah pemakaian lebih dari satu tahun, ada gejala yang aneh pada sistem pelumasan mesin. "Oli mesin bisa habis hampir setengahnya dalam waktu sebulan," keluh Febri deg-degan.

Ternyata, solusi ‘menonaktifkan’ fuel pump dengan mengganti pakai membran berujung fatal. "Bisa jadi katup membrannya sobek, jadi oli mesin yang melumasi rocker arm ikut tersedot," analisa Ronny Gunawan, Workshop Head Suzuki Pekanbaru, Riau.

Mekanik senior Suzuki ini lebih lanjut menjelaskan bahwa katup bensin dan katup oli dalam membran posisinya bersebelahan. Menilik mekanismenya, sepasang katup ini bekerja dengan arah yang berlawanan.

 Warna bensin di tangki akan lebih keruh, Fuel pump bawaan asli Karimun lebih baik
Katup ini digerakan oleh daya balik diafragma untuk mendorong bahan bakar ke karburator. Diafragma digerakan oleh rocker arm yang juga digerakan oleh putaran nok camshaft.

Sewaktu nok camshaft berputar, maka rocker arm akan kembali ke posisi semula sehingga diafragma didorong ke atas oleh pegas. Akibatnya bahan bakar terdorong melalui katup keluar dan terus mengalir ke karburator. Dalam keadaan seperti ini katup keluar terbuka dan katup masuk tertutup.

Jika karet membran mengalami kerusakan, maka oli yg menempel pada rocker arm ini juga akan tersedot. Walaupun sedikit tapi jika dibiarkan akan berakibat bahan bakar yang telah bercampur oli akan memasuki karburator dan sebagian kembali masuk ke dalam tangki.

"Kalau sudah begini, bisa dibandingkan warna bensin di dalam tangki dengan bensin yang masih murni," ungkap Ronny meyakinkan warna bensin dalam tangki akan lebih keruh.

Gejala lain menurutnya, asap knalpot lebih mengepul dan berwarna putih, kemudian warna busi agak gosong kehitaman serta berminyak. "Untuk Karimun, pemasangan fuel pump bawaan aslinya (Genuine parts, red) akan lebih baik," tutupnya.
(mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

billy

Rabu, 27 Januari 2016

Melihat Yamaha Xabre Lebih Dekat

Kamis, 21 Januari 2016

Launching Yamaha Aerox 125LC

Senin, 18 Januari 2016

Helm Shark 2016 Jorge Lorenzo

Top