Senin,29 Feb 2016 11:24 WIB

Penulis: Otomotifnet

Setel Pintu Bagasi All New Toyota Fortuner, Atur Ketinggian Biar Enggak Mentok

  • Foto: Panji/otomotifnet

    Pintu bagasi saat terbuka cukup tinggi sehingga memudahkan muat barang. Tapi jadi agak problem yang mempunyai garasi rumah rendah

  • Foto: Panji/otomotifnet

    Pencet tombol ini buat mengatur (setting) ketinggian pintu. Tahan 2 detik untuk memprogram dan tahan 10 detik untuk setting ke semula (default)

  • Foto: Panji/otomotifnet

    Setelah disetting, pintu hanya akan terbuka dengan ketinggian yang telah Anda program

  • Foto: Panji/otomotifnet

    Power Back Door All New Fortuner juga memiliki fitur anti-jam protection. Pintu akan stop terbuka/tertutup jika ada halangan. “Terdapat sensor tekanan sehingga tidak akan terjepit,” jelas Gandhi

Jakarta - Fitur andalan dan pertama diaplikasi di All New Toyota Fortuner adalah Power Back Door (PWD). Ya, pintu belakang atau bagasi high SUV gres Toyota ini dapat membuka dan menutup otomatis. PWD ini juga telah dilengkapi memory system dan pengatur ketinggian pintu belakang (adjust height). Fungsinya, posisi ketinggian pintu bagasi saat terbuka bisa diatur. Sehingga tidak mentok jika atap garasi rumah tidak terlalu tinggi. “Berguna juga buat wanita yang kadang sulit untuk menutup karena pintu ketinggian,” jelas Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge All New Fortuner PT Toyota Astra Motor. Trus, cara setting ketinggiannya gimana?

Sebelum mulai, pintu bagasi bisa dibuka-tutup melalui 3 tombol berbeda. Tombol di remote, di dasbor bawah sebelah kanan pengemudi dan di pintu belakang (atas pelat nomor). Caranya, buka pintu (pencet dari salah satu tombol di atas), ketika pintu dalam proses membuka, pencet tombol (ada di sisi dalam pintu, sebelah handel) 1 kali dan pintu akan berhenti. Atur ketinggiannya sesuai kebutuhan, misal dengan tinggi atap garasi rumah.

“Pokoknya mau atur ketinggian pintu belakang sesuai pencet sekali saja, pintu akan stop,” ujar Gandhi. Setelah pintu diam, pencet kembali dan tahan selama 2 detik. Jika sudah terdengar berbunyi bip bip... maka setting-an pintu telah tersimpan. “Setelah itu pintu bagasi akan terbuka dengan ketinggian sesuai yang disetting tadi,” imbuh pria yang menetap di Tebet, Jaksel itu.

Bagaimana kalau mau mengatur ketinggian seperti semula lagi. Gampang! Saat pintu terbuka, pencet dan tahan tombol kembali seperti men-setting di awal tadi. “Tapi tahannya agak lama, sekitar 10 detik sampai melewati bunyi bip bip kayak di awal tadi,” terang Gandhi lagi. Nah, setelah itu, ketinggian pintu terbuka akan kembali ke setting pabrikan (default). Mau atur lagi? Lakukan seperti tahap awal di atas. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top