Rabu,8 Juni 2016 09:03 WIB

Penulis: otomotifnet

Sinyal GPS Tidak Terdeteksi di Mobil, Kaca Film Penyebabnya?

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Buka Jendela Sambil Mengemudi

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Gunakan Kaca Film Berbahan Lain

Jakarta - Pernah pusing karena sedang tersasar di suatu tempat, tetapi aplikasi navigasi di smartphone selalu menunjukkan informasi “No GPS Signal”? Tenang saja, anda tidak sendiri kok. OTOMOTIFNET pun pernah mengalami kejadian ini ketika menyusuri jalan penuh tikungan di jalan Pantura.

Malah dibuat semakin bingung dengan kalimat tersebut yang terus menerus muncul. Anehnya, notifikasi tersebut menghilang dan GPS kembali berjalan normal ketika jendela mobil dibuka.

Alasannya? Mungkinkah kaca film yang dipakai? “Ya, penggunaan kaca film yang tidak tepat akan membuat frekuensi atau sinyal dari radio, smartphone dan GPS tidak dapat menembus keluar jendela, sehingga akan mengganggu mobilitas kenyamanan selama berkendara,” terang Christopher Sebastian, President Director PT Makko Raya Cemerlang (MRC).

Namun seperti apa kaca film yang tidak tepat?

Melihat dari sulitnya mendapat sinyal, maka metal atau logam jadi tersangka terbesar. Masalahnya, hampir setiap kaca film mengandung metal, seperti yang dijelaskan Billy Susanto, Customer Support Manager PT V-Kool Indo Lestari.

“Memang ada beberapa lapis metal dalam kaca film kami, namun jenis gelombang yang ditolaknya itu adalah ultraviolet dan infra merah. Jika GPS sampai terhalang, ada kemungkinan juga memanfaatkan salah satu gelombang tadi,” jelas Billy.

Adapun produksi kaca film dengan logam kini dilakukan dengan metode Sputtering dan memiliki berbagai kandungan logam seperti emas, perak maupun indium. Sedangkan hampir setiap sinyal,baik selular, radio maupun GPS memanfaatkan RF (radio frequency), yang konon seharusnya tidak terganggu oleh kandungan logam di kaca film ini.

Lalu, bagaimana solusinya jika sinyal GPS masih tidak bisa tembus? Karena tidak semua penangkap sinyal GPS bekerja dengan sistem yang sama, cara di bawah ini tidak berlaku universal. Tetapi silahkan dicoba daripada tersesat lagi… 

1. Buka Jendela Sambil Mengemudi Memang solusi ini paling terlihat primitif, namun tetap akan membantu meloloskan sinyal RF dari kaca film. Pastikan kaca yang dibuka berada paling dekat pemegang device penangkap GPS, baik itu smartphone maupun sistem navigasi terdedikasi.

2. Buat Lubang Kecil Dekat Receiver Bila sinyal dari GPS di head unit bawaan yang terganggu, biasanya hal ini disebabkan penerima berupa kotak kecil yang terhubung via kabel diletakkan di dalam mobil. Agar sinyal dapat lewat, bisa saja kaca film dibuatkan lubang, ala-ala solusi yang dulu biasa digunakan ketika kaca film membuat visibilitas minim saat akan parkir mundur.

3. Letakkan Receiver GPS di Luar Mobil Solusi seperti ini cukup sering diterapkan APM dengan meletakkan antena GPS di atap atau di ujung kaca depan, tentunya hanya berfungsi jika layar dan penerima GPS terpisah.

4. Gunakan Kaca Film Berbahan Lain Opsi ini jadi yang paling masuk akal, namun sulit dilakukan bila kejadiannya baru disadari saat sudah pasang kaca film. “Sekarang sudah banyak kaca film yang punya kualitas tolak panas lebih baik tetapi tidak menggunakan metal, misalnya dengan teknologi nano ceramic, carbon ceramic, organik, nano hybrid serum dan lainnya,” tambah Christopher.

EDITOR

Bagja

Top