Kamis,3 Nov 2016 13:04 WIB

Penulis: otomotifnet

Stiker Carbon Look 5D, Glossy & Mirip Aslinya

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Proses pemasanagan di handle pintu dilakukan hanya 30 menit

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Jika dibandingkan sekilas, stiker carbon look 5D (atas) mirip dengan karbon asli (bawah)

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Stiker carbon look 5 D bertujuan untuk pemasis tampilan eksterior mobil

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Pemasangan stiker karbon hanya bisa dilakukan di bidang datar mobil

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Pemasangan di spion mobil di banderol Rp 150 ribu

Stiker karbon look 5D saat ini banyak diaplikasi pemilik kendaraan. Selain lebih murah dari karbon asli, tampilannya juga sangat mirip karbon asli dibanding stiker karbon look 3D.

Jakarta - Dengan menggunakan stiker carbon look 5D, bikin tampilan karbon lebih mirip aslinya. Selain itu, saat proses pemasangan di mobil juga lebih rapi dari stiker carbon 3D. “Untuk kelenturan dibanding stiker carbon 3D sama, ketebalan juga sama. Tapi karena glossy, jadi lebih mirip dengan carbon asli,” jelas Galih Sugiyanto, pemilik Pacman Sticker di MGK Kemayoran Lantai 5, Jakarta Pusat.

Namun, stiker carbon look 5D ini memiliki harga yang lebih mahal dari versi 3D. Meski begitu karena tampilan yang sangat mirip carbon asli, para pemilik kendaraan saat ini sudah mulai beralih menggunakan stiker carbon look ini. “Hitungannya tetap per panel, misalkan kap mesin jika yang 3D bisa kena Rp 350 ribu dan 5D Rp 600 ribu, handle pintu satuannya Rp 25 sampai 30 ribu, spion kanan kiri Rp 150 ribu,” beber galih.

Selain bisa digunakan pada bidang datar eksterior, stiker ini juga cocok untuk bagian interior. Biasanya, penggunaan stiker carbon look 5D pada interior mobil pada panel head unit, panel AC dan door trim. Berbeda dengan eksterior, pemasangan di interior, ditawarkan dengan harga borongan alias paket, yaitu berkisar Rp 250 sampai Rp 350 ribu.

Selain di mobil, Pacman Sticker maupun SIS Sticker juga menerima pemasangan stiker carbon look 5D di motor. Dan untuk pengerjaan di motor memang membutuhkan waktu lebih lama, karena banyak lekukan dan bentuk bodi yang tajam-tajam. Pemasangan stiker carbon look 5D di mobil biasanya tidak membutuhkan waktu lama, sekitar setengah hingga satu jam.

Sedangkan aplikasi di motor bisa satu sampai dua jaman. “Untuk biaya sih tergantung di bagian mana yang mau dipasang, harganya kisaran Rp 150 sampai 400 ribu,” imbuh Galih. Nah, untuk merek dan jenisnya, baik di Pacman Sticker ataupun di SIS Sticker menggunakan stiker carbon look 5D asal Jerman bermerek Dgvinyl. Namun, produk lain juga ada seperti dari Amerika Serikat berlabel Teckwrap dan Tro-Fic dari Tiongkok. Boleh dicoba. Arief/otomotifnet.com


Glossy Bisa Dipoles

Menariknya stiker carbon 5D ini adalah memiliki daya kilap lebih tinggi dari carbon 3D. Karena stiker carbon look 5D ini bercorak glossy bukan doff seperti pada stiker carbon look 3D. Asyiknya lagi, sudah bisa dipoles, artinya warna tidak akan pudar jika kena obat poles. “Kalau yang 3D jangan dipoles, warnanya bisa ada putihnya dan pudar. Kalau 5D sudah bisa dipoles, jadi bisa lebih kinclong,” jelas Galih dari Pacman Sticker.

Meski begitu, menurut Fery dari SIS Cutting Sticker di MGK Kemayoran, Jakpus, untuk usia pemakaian stiker carbon look 5D bisa sampai 2,5 sampai 3 tahun. Namun, daya tahan stiker ini juga tergantung perawatannya. “Memang lebih awet stiker carbon 3D, tapi namanya konsumen pasti tidak akan bertahan sampai 3 tahun, paling lama setahun juga minta ganti,” ungkap Fery. Arief/otomotifnet.com


Kontak:
Pacman Sticker: 0812-89560245
SIS Cutting Sticker: 0812-84494859

EDITOR

Bagja

Top