Sabtu,14 Nov 2015 16:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Substitusi Kampas Kopling Toyota Kijang Innova Diesel Bisa pakai punya bensin?

Foto: KIPLI

Substitusi Kampas Kopling Toyota Kijang Innova Diesel Bisa pakai punya bensin?



Jakarta
- Pelat atau kampas kopling Toyota Kijang Innova diesel Anda sudah aus? Sebaiknya segera diganti baru dengan harga berkisar Rp 1,3-1,5 juta untuk produk orisinal TGP (Toyota Genuine Parts). Merasa kemahalan? Tenang saja, karena bisa dikawin silang (substitusi) dengan pelat kopling kepunyaan Kijang Innova Bensin.

Meski part number yang berbeda, pelat kopling Kijang Innova Bensin memiliki dimensi yang sama dengan yang versi diesel. Namun menurut Asep, pemilik bengkel umum OMC di kawasan BSD Autoparts, Serpong, Tangsel, hanya pelat kopling saja yang dapat disubstitusi.

“Sisanya seperti dek laher, dekrup berbeda, jadi enggak bisa dipasang,” jelas pria yang juga menyuplai parts orisinal Toyota ini. Lebih detailnya, David Lesmana, pemilik bengkel Dunia Usaha Motor, di Sentra Onderdil BSD, Tangsel menjelaskan bahwa struktur pelat kopling Kijang Innova diesel & bensin sama persis, kecuali center pinion yang diklaim tidak berpengaruh pada proses instalasi.

Sehingga dapat langsung digunakan sebagai alternatif. Untuk harga pelat kopling orisinal Toyota versi bensin dijual sekitar Rp 800-900 ribuan. Lumayan loh beda Rp 400 ribuan dari kepunyaan Innova diesel. Selain substitusi dari varian bensinnya, baik Asep maupun David memberi alternatif lain yang juga lebih ekonomis.

Yakni menggunakan produk aftermarket seperti merek Denso, Daikin, Aisin atau Exedy. “Harganya Rp 1,1 juta untuk pelat kopling Kijang Innova diesel dan Rp 800 ribu untuk tipe bensin,” ucap Asep menjelaskan harga pasaran produk Aisin.

Meski begitu, substitusi pelat kopling Innova bensin ke bensin di atas bukan ada masalah. “Meski dimensinya sama, namun tentu saja kedua tipe mesin tersebut memiliki spesifikasi & kebutuhan momentum yang berbeda.

Kami tidak menilai hal ini sebagai alternatif karena akibat yang ditimbulkan bisa saja bersinggungan dengan faktor keamanan serta kenyamanan,” jelas Subagyo, selaku Service Head bengkel resmi Auto 2000 Alam Sutera, Tangsel saat dikonfirmasi. Nah, silakan dipilih sebagai bahan alternatif Anda. • (otomotifnet.com)



Dekrup, bearing, laner, tidak dapat di substitusi



Kawin silang pelat kopling Innova bensin tetap ada konsekuensinya



EDITOR

Otomotifnet

Top