Sabtu,19 Maret 2016 13:30 WIB

Penulis: Otomotifnet

Suspensi New Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Ini rahasinya New Rush bisa lebih nyaman tapi tetap enak diisi full 7 penumpang. Per belakang baru dibikin punya dual rate alias progressive

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Untuk pemilik Rush generasi sebelumnya bisa memakai seperangkat suspensi ini. Seat atau dudukan per tetap sama. “Walau bisa dibeli terpisah, tapi hasilnya lebih maksimal dipasang semuanya,” wanti Dani.

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Sobreker juga punya tension dan compression rate racikan baru, dibuat lebih balance sehingga tetap stabil

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Hanya per depan belum progressive, desainnya masih sama tapi kemampuannya tetap beda dan lebih baik lagi

Laris manis sejak diluncurkan 2013 lalu, bahkan berkonstribusi hingga 80% dari keseluruhan penjualan Rush. Generasi terbaru Rush TRD Sportivo kini punya racikan suspensi baru

Jakarta - Makanya saat peluncuran New Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo (26/20 lalu, Hiroyuki Fukui, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan penuh percaya diri yakin akan kenyamanannya. Memang apa rahasianya toh? Terbilang cepat untuk merancang suspensi, tim riset TAM hanya butuh waktu 6 bulan untuk mendapatkan angka yang diinginkan, soal seberapa keras dan nyaman suspensi baru ini ketika terpasang. Dirancang Hanya 6 Bulan “Prinsipnya kita ingin sesegera mungkin. Hasil ngobrol sama komunitas dan customer sebagai user. Kita dengarkan apa sih yang diinginkan. Akhirnya kita develop,” ungkap Dani Rendra Riawan, Department Head, Convertion and Accessories Development, Product Planning & Development TAM.

“Waktu itu kita menemukan di kenyamanan, sebenarnya ada level yang bisa ditingkatkan yaitu di area riding comfort. Caranya ada dua, yakni menurunkan spring rate atau membalance antara front dan rear,” terang Dani panjang lebar. Hasil diskusi, akhirnya dipilih cara pertama dengan menurunkan spring rate atau tingkat kekerasan per. Nah, kalau buat setingan per lebih empuk, biasanya kan bikin mobil terasa limbung. “Makanya kita menggunakan coil spring dengan dual rate atau yang biasa disebut per progressive untuk sisi belakang. Kalau sebelumnya hanya rata 60 Newton per mm, per baru ini punya spring rate dari 45 sampai 70 Newton per mm,” urai pria tinggi ini.

Terbukti ketika OTOMOTIF mencoba di sekitaran area parkir, New Rush TRD Sportivo Ultimo memang terasa lebih nyaman. Jadi ketika diisi 2 orang atau penuh hingga 7 penumpang, New Rush punya kemampuan maksimal memberikan kenyamanan. Murni Rancangan Indonesia Soal stability beda racikan lagi nih. Kali ini sokbreker yang dirancang ulang. “Caranya mem-balance compression and tension dari shock absorber,” ucap Dani lagi. Makanya walau bawa nama besar TRD, yang biasanya suspensi sport punya karakter keras. Ketika digabungkan, bisa didapat riding comfort dengan handling yang lebih baik.

Hebatnya lagi, ini kali pertama Indonesia diberikan kepercayaan untuk develop suspensi sesuai kebutuhan Tanah Air. Jadi beda misal pada Yaris TRD Sportivo, yang tinggal pesan suspensi ke TRD dan dipasang. Suspensi ini benar-benar dibuat sesuai kebutuhan masyarakat. “Requirement ini kita yang setting sesuai kebutuhan Tanah Air. Nanti TRD yang buat, karena know how-nya kan memang TRD jauh lebih pengalaman,” sambung pria ramah ini. Kepengin enggak punya suspensi baru buat Rush kesayangan? Tenang saja, hebatnya tim riset Toyota juga mendesain supaya seperangkat suspensi TRD Sportivo ini bisa masuk ke Rush generasi sebelumnya. Tinggal siapkan saja dana Rp 5.580.000 untuk mendapatkannya di dealer-dealer terdekat. • (otomotifnet.com)


Komponen                                        New Rush TRD Sportivo Ultimo          Rush (biasa)
Sokbreker depan (2 buah)                        Rp 1.200.000/buah                           Rp 980.000/buah
Sokbreker belakang (2 buah)                    Rp 650.000/buah                             Rp 365.000/buah
Per depan (2 buah)                                  Rp 380.000/buah                             Rp 380.000/buah
Per belakang (2 buah)                              Rp 560.000/buah                            Rp 350.000/buah
Total                                                       Rp 5.580.000/set                            Rp 4.150.000/set
Seat/Dudukan Karet Atas                         Rp 38.000/buah                              Rp 38.000/buah
Seat/Dudukan Karet Bawah                      Rp 24.000/buah                              Rp 24.000/buah

EDITOR

Bagja

Top