Senin,2 Nov 2015 19:12 WIB

Penulis: pewete pewete

Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI) Chapter Bekasi PASANG HYDROCARBON, TENAGA TAMBAH

Foto: CHRISTO

Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI) Chapter Bekasi PASANG HYDROCARBON, TENAGA TAMBAH



Bekasi
- Para penggemar Suzuki Splash, terkadang ada yang merasa tenaga mesin tunggangannya kurang responsif. Nah, komunitas Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI) punya saran menarik nih. "Sebagian orang pasti mengira mesinnya bermasalah, namun kemungkinan dari pembakarannya kurang sempurna," ujar Reza Gunawan, member SSCI yang ahli modifikasi.

Mengatasi masalah tersebut, anggota komunitas SSCI sudah menemukan solusi yang cukup membantu, yakni memasang Hydrocarbon Crack System (HCS) custom."Di samping pemasangannya terbilang mudah, harga yang ditawarkan juga enggak mahal," tambah Fajar Wira, Ketua SSCI.

HCS adalah sistem yang mencegah rantai uap hydrocarbon dengan menggunakan katalis logam yang dipanaskan. Keluaran dari katalis yakni gas hydrocarbon, disalurkan melalui intake manifold sebagai penambah oktan BBM di ruang bakar.

Cara kerjanya, saat mesin hidup intake akan mengisap uap bensin yang berada dalam tabung custom. Lalu uap bensin itu akan keluar melalui katalis dan masuk ke ruang bakar. Hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp 350 ribu, sudah bisa mendapat 1 set HCS custom.

Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut dan membeli, atau bahkan ingin pasang sendiri bisa ikuti panduan di bawah ini. • (otomotifnet.com)



01. Paket yang ditawarkan. Sudah dapat tabung alumunium berukuran 1 liter, katalis besi, tembaga cabang berbentuk T dan slang dengan bahan anti panas. Untuk menebus komponen tersebut, butuh Rp 325 ribu. "Kalau mau dipasangkan sekalian, tinggal tambah Rp 25 ribu," jelas Reza dengan nomor urut SSCI#0461 chapter Bekasi (ChaBe).



02. Cari tempat yang strategis untuk memasang tabung besi. Jangan cari tempat yang sempit dan susah dijangkau, agar nantinya enggak susah dibongkar-pasang.
Untuk Splash, sebaikknya diletakkan di belakang aki.Merakit komponen-komponen tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.



03. Pasang katalis besi di tempat yang menghasilkan panas. Untuk Splash bisa ditempatkan di atas besi penutup header. Bisa juga diletakkan di dekat besi saluran radiator



04. Terakhir, cari slang saluran yang terhubung langsung terhadap intake manifold. Setelah itu sambung dengan pipa tembaga berbentuk T. Enggak perlu risau, karena semua slang menggunakan bahan anti-panas.

Untuk mengaktifkan sistem HCS tersebut, isi tabung dengan bensin oktan 95 sebanyak ½ liter, kemudian hidupkan mesin untuk beberapa menit hingga katalis panas.

EDITOR

fauzi

Top