Jumat,15 April 2016 08:17 WIB

Penulis: otonet

Throttle Controller Shadow E-drive Advance 4 Lebih Canggih dengan Fitur Baru

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Hardy/otomotifnet

    Foto 5

Jakarta - Teknologi drive by wire sekarang sudah semakin banyak diterapkan. Bahkan boleh dibilang semua pabrikan baik Jepang dan Eropa mengadopsinya. Harapannya, teknologi ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tapi buat pecinta kecepatan, drive by wire dirasa menghambat respon bukaan butterfly throttle body.

“Ketika pedal sudah diinjak, biasanya ada jeda sedikit baru throttle ikut membuka. Memang jeda itu tidak sampai 1 detik. Tapi tetap saja tidak seresponsif yang masih menggunakan tali gas,” ujar Davin Elika, punggawa Elika Performance.

Jawaban paling mudah tentu mengadopsi TC (Throttle Controller). Namun kalau hanya TC, tentu sudah banyak orang tahu. Tapi sekarang ada TC keluaran Shadow yang lebih canggih. Tidak hanya mengatur responsif bukaan katup gas saja, tapi ada fitur lain seperti launch control, anti skid dan anti-theft.

Anti-theft mode merupakan fitur yang menarik pada TC ini. Pada mode ini, display TC akan mati dan throttle akan dikunci. Jadi walaupun pencuri berhasil menghidupkan mesin, tapi tidak bisa berjalan karena pedal gas tidak berfungsi.

Namun jika kendaraan bertransmisi otomatis, tentu fitur ini hanya menghambat jalannya kendaraan, karena ketika tuas transmisi masuk posisi D, kendaraan bisa berjalan tanpa ditekan pedal gas. Penasaran? Silahkan simak prosedur do it yourself berikut yang dicoba pada All New Honda Jazz GK5. • (otomotifnet.com)

Ini prosedurnya:


1.  Harganya cukup mahal tapi sepadan dengan fitur yang diberikan. Rp 2,5 juta untuk menebus kit TC Shadow E-drive Advance 4. Garansi 6 bulan diberikan oleh speed shop yang bermarkas di Taman Sari, Jakbar. “Kalau ada problem langsung kami ganti unit baru,” terang Davin yang sering mengoprek Toyota 86.

2. Pastikan posisi ignition atau kunci kontak berada di posisi OFF. Dilanjutkan dengan melepas soket sensor APP (Acceleration Pedal Position). Caranya tinggal menekan pengunci soket yang berdada di bagian tengah soket, lalu tarik.Pastikan pengunci tersebut sudah dalam posisi terbuka baru soket ditarik. Jika masih dalam posisi terkunci tidak akan bisa ditarik, jika dipaksa malah bisa merusak soket dan sensor.

3. Pasangkan soket jumper dari Shadow E-drive Advance 4. Ada 2 soket yang disediakan dari pabrikan TC. Satu soket menuju ke sensor APP. Satu lagi menuju soket ECU. Intinya hanya mem-bypass soket sensor APP yang dilepas tadi.

4. Sekarang tinggal mencari lokasi DLC (Data Link Connector) OBD2. Setiap merek kendaraan memiliki lokasi tersendiri sendiri. Untuk All New Honda Jazz GK5 terletak di sebelah kiri. Posisi tepatnya sebelah kiri dari lutut kiri pengemudi.

5. Terdapat 3 tombol untuk mengoperasikan TC. Didesain agar mudah digunakan. Tombol mode untuk pindah mode TC seperti eco, normal, ataupun sport. Mode lainnya seperti drag racing berfungsi bukaan throttle super-sensitif. Jadi ditekan sedikit saja pedal gas, katup gas sudah banyak terbuka.

 

EDITOR

Bagja

Top