Jumat,9 Sept 2016 10:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Atasi Wiper Pelan, Jangan Hanya Salahkan Karet

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Buka terlebih dahulu batang wiper dengan menggunakan kunci ukuran 12 mm

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Buka juga ventilasi angin dengan membuka pengaitnya yang berjumlah 6 buah

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Lalu buka motor wiper menggunakan kunci ukuran 10 mm, ada 4 buah baut yang harus dibuka.

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    Lumasi dengan grease,atau semprot dengan penetran. “Agar tahan lama, lebih baik menggunakan grease,” ungkap mekanik ramah ini

Jakarta - Saat menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini, wiper sangat diperlukan untuk menyapu air yang menghalangi pandangan saat berkendara. 

Bisa bahaya kalau saat berkendara di kondisi hujan, wiper tidak berfungsi normal seperti biasa, karena kondisi part yang sudah lama dan kurangnya perawatan.

Gangguan pada wiper, biasanya sapuan yang sudah tidak maksimal lagi, atau gerakannya yang mulai melambat. Biasanya, tuduhan pertama ke karet wipernya, tapi kalau sudah diganti namun masih slow response alias pelan. Bisa jadi ada sumber lain nih.

Sekarang coba lihat batang wipernya deh. Bisa jadi, ini sumber masalahnya. Di antaranya karena karat dan kotoran yang menumpuk, lalu motor wiper yang rusak atau tombol kelistrikan yang macet.
 
“Biasanya adanya kotoran yang menyebabkan motor wiper jadi tersendat dan kurangnya pelumasan,” ungkap Syaefudin dari Astra Daihatsu di Jl. Arteri Pondok Indah, Jaksel.
 
Namum jika wiper tidak berfungsi sama sekali atau mati total, biasanya disebabkan oleh kelistrikan yang mengalami gangguan.  Apa saja yang harus dilakukan? * TK

EDITOR

Bagja

Top