Kamis,3 Nov 2016 11:04 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Bersihkan Panel Piano Black, Jaga Kilap Tanpa Lecet

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rio/Otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Selain panel kayu, ada trim lain yang sedang populer digunakan di interior masa kini. Disebut piano black, panel ini memiliki warna hitam glossy, yang dipernis lagi sehingga memiliki efek kilap luar biasa.   Tentu di antara bahan lainnya di dalam kabin, kehadiran panel ini sangat mencolok. Sayangnya, panel ini juga mudah meninggalkan berkas sidik jari, ketika sang pemilik tidak atau pun dengan sengaja menyentuhnya.

Tak hanya itu, debu juga dengan mudah mengotori bahan ini. "Bahan ini juga sangat rentan lecet dan baret halus saat dibersihkan." Ujar Adhika Rusly, owner final Inspection Audio yang juga jadi ahli soal detailing. Berprinsip sama dengan membersihkan layar pada smartphone. Ternyata ada cara mudah untuk membersihkan panel jenis ini.

Yakni dengan cairan detailing seperti Meguiars Quik Detailer seharga Rp 160 ribuan, Turtle Wax ICE Detailer atau Mother’s Showtime, bahan ini dapat kembali dibuat mengkilap kurang dari 5 menit. Cek caranya di bawah ini. Sano/otomotifnet.com

1. Cukup sediakan kain microfibre dan cairan yang akan digunakan untuk membersihkan bahan piano black. Kami akan menggunakan cairan Meguiar’s Quik Detailer, namun apapun yang tertera dari pilihan di atas seharusnya memberi hasil yang mirip. Sedangkan untuk pilihan kain microfibre, hindari jenis yang tertulis khusus untuk kaca, karena memiliki serat halus yang cenderung mudah terlepas dan jejaknya tersembunyi di sela-sela panel interior bila menggunakan cairan.

2. Sebelum memulai, gunakan sisi kain microfiber yang bersih dan kering untuk mengusap debu halus di atas permukaan piano black. Ingat, jangan menekan kain pada proses ini karena akan mudah menimbulkan lecet di bahan piano black. Gunakan kuas bila ada debu yang terselip.

3. Setelah bersih dari debu, akan terlihat banyak sisa-sisa sidik jari yang menutupi bahan ini dari mengkilap. Semprotkan cairan Quik Detailer ke kain microfiber yang bersih, kemudian usap perlahan panel piano black dengan bagian yang basah. Hindari gestur memutar agar tidak menimbulkan wrinkle. Segera setelah dibuat basah, lap bahan piano black menggunakan sisi kain yang kering dan bersih. Akan sangat terasa bahan panel kini jauh lebih mengkilap dan licin.

4. Ulangi langkah ketiga sebanyak 2 hingga 3 kali untuk memberi efek yang lebih baik. Selain mengkilap, kini bahan piano black tersebut akan sedikit lebih tahan terhadap bekas sidik jari.

EDITOR

Bagja

Top