Jumat,27 Mei 2016 09:00 WIB

Penulis: Gombak

Tips Dek Pengaman Roda Gila Pada Jip Off-road, Bahan Plat Tebal 5mm!

Foto: Gombak

Pengaman Roda Gila Pada Jip Off-road, Bahan Plat Tebal 5mm!

Kartasura - Komponen dek pengaman yang berada di atas cover roda gila dekat girbok, saat ini adalah peranti wajib pada jip-jip off-road kompetisi. Pasalnya bila enggak ada atau tidak terpasang imbasnya ternyata fatal.
 
Dengar saja cerita miris dari Daniel Sucipto, punggawa Sendang 4x4 Off-road asal bengkel Sendang 4x4 yang berada di desa Sendang Wirogunan Rt02/Rw03, Kartasura Sukoharjo.
 
“Pada suatu event offroad di Madiun, komponen roda gila lepas dan menjebol dinding covernya. Itu lho komponen yang biasa disebut kepala babi. Akibatnya menembus dek lantai dan mencederai driver dan navigator tim kami,” cerita Cipto Sendang nama ngetopnya.

Dia pun memperlihatkan sisa-sisa komponen rumah kampas kopling, cover dek lantai yang amburadul tertembus roda gila.

Tips Jip
sisa-sisa komponen rumah kampas kopling, cover dek lantai amburadul tertembus roda gila.

Ayah offroader Denda Cipta ini melanjutkan lagi soal analisa penyebabnya. “Bisa saja baut roda gila yang kendor. Atau usia roda gila yang menyebabkan komponen itu retak. 

"Makanya sebelum jip off-road turun gelanggang semuanya harus dicek teliti. Apalagi ditambah saat ini mesin jip offroad kebanyakan ber-rpm tinggi karena banyak diganti menggunakan mesin-mesin teknologi baru,” papar pria 49 tahun yang terkenal jago oprek ECU itu.
 
Antisipasinya, ya perlu membuat dek pengaman. Dan komponen itu kabarnya mesti ditunjukan pada waktu proses skrut.
 
Nah bahan membuat tambahan pengaman dek itu ternyata mudah kok. Hanya menggunakan plat tebal minimal 5mm (0,5cm). Komponen plat itu dipasang diatas kepala babi dekat ruang transmisi.
 
Biayanya juga murmer. Cipto mengaku hanya perlu model Rp 200 ribu buat bikin pengaman begitu. Murah kan, namun fungsinya ternyata penting. Info detil soal aplikasinya, silahkan kontak langsung Cipto Sendang di nomor hape 081393500653.

EDITOR

Bagja

Top